Faktor-faktor Rendahnya Kemampuan Santri dalam Menghafal Alquran (Studi padasantri ar-rahmah)

ANDRIANI, MENI and Warsah, Idi and Bahri, Syaiful (2018) Faktor-faktor Rendahnya Kemampuan Santri dalam Menghafal Alquran (Studi padasantri ar-rahmah). Diploma thesis, Insatitut Agama Islam Negeri.

[img] Text
FAKTOR-FAKTOR RENDAHNYA KEMAPUAN SANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi Pada Santri Ar-Rahmah) (.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menjawab pentingnya disiplin Guru di pondok pesantren dalam Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Santri dalam Menghafal Al-Qur’an (Studi Pada Santri Ar-Rahmah). Salah satu sector dalam pembangunan disetiap Negara. Berhasil tidaknya pendidikan yang dilaksanakan akan menentukan maju mundurnya Negara tersebut. Disini diajarkan program tahfidz Qur’an ini untuk menitik beratkan pada “pada penguasaan”. Penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan Pendekatan Kualitatif, yaitu pendekatan yang menghasilkan data deskriptif. Menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknis analisis data yaitu dengan cara mengoleksi, menyajikan data, dan menyimpulkan data yang didapat, Subjek penelitian ini adalah sementara bahwa pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, penelitian ini memperoleh simpulan lalu di analisis dan ditarik simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang ditemukan dilapangan adalah pertama dikarenakan factor internal dan eksternal kebanyakan belum pandai membaca al-qur’an sehingga mereka tidak memiliki minat untuk menghafal surat-surat pendek, hal ini dikarenakan orang tua mereka lalai dalam membimbing anaknya untuk belajar mengaji sejak usia anak-anak, kedua Rendahnya kesadaran siswa dalam memenuhi program menghafal surat-surat pendek karena kebanyakan siswa bersifat apatis terhadap program atau kewajiban tersebut, hal tersebut dikarenakan antara lain program para guru tidak terlalu memberikan penekanan akan kewajiban menghafal dan yang ketiga Usaha ustad dalam mengatasi hambatan dalam menghafal Al-Qur’an diantaranya memberikan motivasi, santri diminta mengulang hafalan, memberikan hadiah bagi santri yang lebih awal dalam menghafal, selalu memberikan bimbingan bagi santri yang kurang cepat dalam menghafal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
ANDRIANI, MENIUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Bahri, SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemapuan; Santri; Menghafal; Al-Qur’an;
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurma Yunita
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:17
Last Modified: 25 Jul 2019 07:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item View Item