Saputra, Chandra Dio and Harmi, Hendra and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2021) Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Chandra Dio Saputra.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini membahas terkait kerelevansian komponen pendidikan Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dengan Kurikulum 2013. Kajian ini dilatar belakangi oleh pendidikan Islam yang mulai mengalami perubahan dan pergeseran suatu konteks masyarakat dengan zaman. Dengan tujuan tersebut pemikiran Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas merupakan sesuatu pemikiran yang sangat sesuai dengan masa saat ini terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui komponen pendidikan Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas, mengetahui komponen pendidikan Kurikulum 2013, dan mengetahui apakah adanya kerelevansian antara komponen pendidikan Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dengan komponen pendidikan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research atau kajian literature dengan content analisis. Teknik pengambilan data dan bahan dalam menyelesaikan penelitian ini adalah dengan membaca atau mengidentifikasi wacana, meringkas dan menarik kesimpulan dari suatu isi literature yang berasal dari perpustakaan yang berupa buku-buku ilmiah, internet (goeggle scholar), E-Journal dan artikel ataupun informasi-informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan alat rekam seperti print, poto copy, dan poto dengan handphone (HP). Adapun dalam teknik menganalisis data yang digunakan di dalam penelitian ini ialah teknik analisis data berupa content analysis terhadap informasi tertulis ataupun tercetak dalam media massa. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara garis besar tujuan dari pemikiran Al-Attas ialah mengembalikan nilai Islam sebagai pandangan dunia dan mengusung penanaman adab dalam diri manusia. Dalam Kurikulum 2013 secara umum memberikan penekanan dalam pendidikan mencakup kompetensi inti yang telah ditetapkan. Terdapat pula beberapa komponen pendidikan Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dengan Kurikulum 2013 yang terdapat Relevansi dengan adanya keterkaitan maupun keterhubungan satu sama lainnya, yaitu 1) komponen tujuan pendidikan, 2) komponen peserta didik, 3) komponen lingkungan pendidikan, dan 4) komponen Alat pendidikan. Sedangkan yang sedikit kurang relevan, seperti 1) komponen pendidik, 2) komponen isi pendidikan, dan 3) komponen penilaian pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas, Kurikulum 2013 | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:57 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1795 |
Actions (login required)
View Item |