Niarti, Titi Syawali and Hidayat, Rahmad and Sahib, Abdul (2019) Penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru Olahraga di MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
SKRIPSI TITI SYAWALI.pdf - Accepted Version Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru olahraga yang mengajar siswa kelas III kurang adanya pemahaman untuk menggunakan RPP. Karena menurut saya bapak Peri Irawan S.Pd.I selaku guru olahraga tidak menggunakan RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian sosial yang mengumpulkan data dan menganalisis berupa lisan dan tertulis dan perbuatan-perbuatan manusia serta peneliti tidak berusaha mengitung dan mengklasifikasi data kualitatif yang diproleh dan dengan demikian tidak menganalisis angka-angka. bisa dikatakan dalam penelitian ini menggambakan fenomena secara detail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) RPP yang digunakan adalah Kurikulum terbaru atau K13 setiap melakukan suatu proses pembelajaran diharuskan menggunakan program atau rencana pelaksanaan pembelajaran RPP karena didalam RPP sudah tercantum dan tersusun urutan apa saja yang akan kita lakukan pada saat mengajar. 2)pemahaan guru terhadap penggunaan RPP ialah sebenarnya guru olahraga lebih kurang sudah paham terhadap RPP tersebut akan tetapi dalam penggunaan RPP tersebut memang jarang sekali dignakan oleh beliau dan dari hasil wawancara tersebut bisa saya tarik kesimpulan karena jarang menggunakan RPP lambat laun pemahaman beliau kurang terhadap RPP tersebut dan dari kurangnya penggunaan RPP. 3) dampak penggunaan RPP oleh guru olahraga, pemahaman beliau terhadap RPP akan berkurang dan berdampak juga terhadap anak murid beliau yang beliau ajarkan karena materi dan pembelajaran yang beliau terima akan kurang maksimal. 4) upaya sekolah untk mendisiplinkan guru mengguakan RPP, bahwa dalam posisi seperti ini, pihak sekolah dan kepala sekolah dituntut untuk bersikap tegas dalam menyikapi hal ini dan dituntut memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menerapkan mutu di sekolah. Masalah peningkatan mutu di sekolah tidak dapat dilakukan dengan secara cepat tetapi bisa dilakukan secara bertahap.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | RPP, Pembelajaran Olahraga | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs yuni hartini | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:57 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1790 |
Actions (login required)
View Item |