Hanifah, Lina and Asha, Lukman and Amin, Muhammad (2021) Implementasi Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Zakiah Daradjat di Kelurahan Taba Anyar Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Lina Hanifah 17591067 (IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA PERSPEKTIF ZAKIAH DARADJAT DIKELURAHAN TABA.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Penelitian Ini membahas Implementasi Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Zakiah Daradjat di Kelurahan Taba Anyar Kabupaten Lebong. Kajiannya di latar belakangi bahwa pendidikan di dalam keluarga dapat berkembang dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Namun melihat kondisi yang masih saja terjadi di zaman sekarang dalam konteks pendidikan anak, khususnya di desa Taba Anyar, masih banyak orang tua yang tidak paham mengenai konsep pendidikan keluarga dan betapa pentingnya peran mereka bagi pendidikan anaknya. Tujuannya (1) Untuk mengetahui Konsep Pendidikan Keluarga menurut Zakiah Daradjat. (2) Untuk mengetahui Implementasi Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Zakiah Daradjat di Kelurahan Taba Anyar Kabupaten Lebong. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Zakiah Daradjat, bahwa keluarga terbentuk dari usaha sadar orang tua yang secara naluriah mau membimbing serta mengarahkan anaknya agar mereka mampu menghadapi tantangan hidup di masa mendatang. Peranan ibu dalam keluarga amat penting. Dialah yang mengatur, membuat rumah tangganya menjadi surga bagi anggota keluarga, menjadi mitra sejajar yang saling menyayangi dengan suaminya. (2) Implementasi Konsep Pendidikan Dalam Keluarga Perspektif Zakiah Daradjat di Kelurahan Taba Anyar Kabupaten Lebong, sudah dilaksanakan dengan baik oleh para wali di desa tersebut walau Dalam penerapannya tidak dilakukan secara konsisten atau terdapat banyak kendala, dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja. (3) Faktor Pendukung Konsep Pendidikan keluarga di Kelurahan Taba Anyar Kabupaten Lebong, (a) Lingkungan Keluarga, (b)Lingkungan Perguruan/Sekolah, (c) Lingkungan Masyarakat, dan faktor penghambat, (a) Orang tua tidak dapat mendampingi anak pada saat pembelajaran dikarenakan orang tua sibuk bekerja. (b) Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Keluarga, perspektif Zakiah Daradjat | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:56 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1788 |
Actions (login required)
View Item |