Yudhistira, Ajeng Meisy and Kusen, Kusen and Yulizah, Yosi (2021) Persepsi Kepala Sekolah dan Guru dalam Pelaksanaan Ujian Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Islam Curup Timur (Karang Anyar). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
AJENG KASET.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi mewabahnya virus corona masuk ke Indonesia sendiri pada awal Maret 2020 sampai sekarang 2021. Cepatnya mewabah virus corona di Indonesia menyebabkan berbagai dampak di seluruh bidang sektor kehidupan, seperti di bidang ekonomi, sosial, dan di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seperti apa pendapat atau tanggap kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan ujian sekolah pada masa pandemi Covid-19 di SD Islam Curup Timur, Serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat kepala sekolah dan guru dal proses pelaksanaan ujian sekolah pada masa pandemi Covid-19 di SD Islam Curup Timur. Jenis penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah Kualitatif. Dengan sumber data utama kepala sekolah dan guru kelas VI dan guru yang mengajar anak kelas VI. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD ISLAM Curup Timur Karang Anyar. Teknik pengumpulan data yang di gunakan ialah wawancara, observasi. Data yang diperoleh analisis dengan langkah-langkah ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian. Persepsi kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan ujian sekolah pada masa pandemi Covid1-19 di SD Islam Curup Timur(Karang Anyar) yaitu banyak sekali perubahan, Yang awal ujian nasional di ubah menjadi ujian sekolah, ini karena materi ujian nasional terlalu padat sehingga cenderung fokus menghafal materi dan terkait kondisi penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat. Dan pelaksanaan proses pembelajaran menjadi daring agar tidak ada kerumunan serta ini lah yang membuat adanya kendala-kendala pada proses pembelajaran untuk menghadapi pelaksanaan ujian sekolah 2. Dalam persepsi kepala sekolah dan guru dalam menghadapi ujian sekolah pada masa pandemi Covid-19 terdapat faktor pendukung yaitu: faktor keluarga, faktor lingkungan, sedangkan faktor penghambat dalam proses pelaksanaan ujian sekolah pada masa pandemi Covid-19 adalah faktor diri sendiri, faktor keluarga dan faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Kepala sekolah, guru, Ujian sekolah, Covid-19 | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:55 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:55 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1757 |
Actions (login required)
View Item |