Implementasi Metode Eksperimen di Rumah Oleh Orang Tua dan Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa pada Kelas V SD Negeri 96 Rejang Lebong

Wulandari, Ayu Novita and Amda, Ahmad Dibul and Putri, Dini Palupi (2021) Implementasi Metode Eksperimen di Rumah Oleh Orang Tua dan Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa pada Kelas V SD Negeri 96 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DI RUMAH OLEH ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELA.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang ada pada diri seseorang yang dapat membangkitkan rasa ingin dan semangat seseorang untuk melakukan kegiatan belajar. Dalam pembelajaran biasanya masih fokus pada konsep-konsep yang ada pada buku. Salah satu pendekatan kontekstual yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan eksperimen. Dengan eksperimen, guru dan orang tua dapat mengajak siswa mengeksplor dunia luar dan pembelajaran juga lebih menarik serta menyenangkan. Baik tidaknya suatu kegiatan pembelajaran itu berasal pada dorongan/motivasi baik itu dari faktor eksternal dan internal. Namun kenyataannya motivasi atau dorongan pada diri seorang siswa masih kurang. Hal ini lah yang membuat peneliti menjadi tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang penerapan metode eksperimen dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD N 96 Rejang Lebong, serta orang tua siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan juga display data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dan juga peneliti dalam menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa orang tua dan guru menerapkan metode eksperimen di rumah bisa saja tidak efektif karna di pengaruhi beberapa faktor. Faktor pendukung dalam mengimplementasikan metode eksperimen di rumah adalah sumber/referensi, minat siswa, dan fasilitas. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana, serta kegagalan dan kesalahan yang terjadi dalam eksperimen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wulandari, Ayu NovitaUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Eksperimen, Motivasi Belajar, Orang tua, Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:53
Last Modified: 21 Feb 2023 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item