Oktaviani, Ayu and Susilawati, Susilawati and Putri, Dini Palupi (2021) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK: Skripsi ini membahas tentang implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika. Kajiannya dilatar belakangi oleh adanya penyimpangan karakter pada anak usia sekolah akibat dari pengaruh budaya asing, era globalisasi, pergaulan bebas, dan lingkungan yang buruk serta adanya permasalahan-permasalahan mengenai karakter siswa dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui apa saja nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pembelajaran matematika, mengetahui metode apa saja yang dapat diterapkan oleh guru dalam menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika dan, mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research atau kajian literature dengan analisis deskriptif. Teknik pengambilan data-data atau bahan-bahan yang diperlukan dalam menyelesaikan penelitian ini adalah dengan membaca atau mengidentifikasi wacana, meringkas dan mengambil kesimpulan dari suatu isi literature yang berasal dari perpustakaan yang berupa buku-buku ilmiah, internet (goeggle scholar), E-Journal dan artikel ataupun informasi-informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan alat rekam seperti print, poto copy, poto dengan handphone (HP) dan juga menggunakan kartu data. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan dalam mata pelajaran matematika adalah: 1) Berpikir Logis; 2) Kritis; 3) Jujur; 4) Kerja Keras; 5) Rasa Ingin Tahu; 6) Mandiri Dan; 7) Percaya Diri. Metode yang dapat digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran matematika adalah: 1) Metode Hiwar atau Tanya Jawab; 2) Metode Uswah atau Keteladanan; 3) Metode Pembiasaan dan; 4) Metode Diskusi. Implementasi pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran matematika itu dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan (silabus pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan bahan ajar), pelaksanaan (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup) dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pembelajaran Matematika | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:53 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:53 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
View Item |