Ulandari, Mita and Ratnawati, Ratnawati and Putrajaya, Guntur (2021) Optimalisasi Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) melalui Ice Breaking di Kelas V di SDN 104 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
MITA ULANDARI (17591085).pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Kurang tepatnya pemilihan metode dalam pembelajaran menyebabkan siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga membuat dorongan belajar siswa menurun. Hal ini disebabkan karena masih banyak siswa yang bercanda pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran, adanya ketidak fokusan siswa keluar masuk kelas pada saat jam pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) sedang berlangsung. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode ice breaking untuk membuat pelaksanaan pembelajaran (SBDP) terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), cara melaksanakan metode ice breaking dalam mengoptimalkan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) serta kendala dalam mengoptimalkan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) melalui ice breaking di kelas V di SDN 104 RL. Adapun metode penelitian ini yaitu mengunakan metode kualitatif bersifat deskriftif dengan subjek dalam penelitian ini adalah, Guru kelas VA , Guru kelas VB, dan siswa-siswi kelas VA dan kelas VB di SDN 104 Rejang Lebong. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diguanakan meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verfikasi. Hasil penelitian menunjukan pertama, pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) di kelas VA dan kelas VB di SDN 104 Rejang Lebong sudah berjalan baik dan optimal karena adanya metode ice breaking dan juga dilihat dari antusias siswa dalam mnegikuti pembelajan dan meningkatnya hasil belajar siswa. Kedua, Cara melaksanakan metode ice breaking dalam mengoptimalkan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) yaitu dilakukan dengan teknik spontan seperti tepuk tangan, kalimat indah penuh makna, tebak- tebakan, humor, bernyanyi, menari dan yel-yel, teknik yang direncanakankan, metode ice breaking ini benar-benar tersusun dan pelaksanaannya sudah dirancang bahkan dimasukan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) seperti permainan (games), kuis soal, pertunjukan (performance). ketiga, Kendala dalam pengoptimalisasian pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) melalui ice breaking kurangnya antusias siswa dalam belajar, karakteristik siswa yang berbeda-beda, pengaruh teman sebaya, kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan ice breaking yang menarik .
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasai Pembelajaran SBDP, Metode Ice Breaking | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:53 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:53 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1714 |
Actions (login required)
View Item |