Metode Pembelajaran dalam Al-Qur'an Surah An-Nahl Ayat 125 (Analisis Tafsir Ibnu Katsir)

Erwina, Mita and Amda, Ahmad Dibul and Siswanto, Siswanto (2021) Metode Pembelajaran dalam Al-Qur'an Surah An-Nahl Ayat 125 (Analisis Tafsir Ibnu Katsir). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PDF SKRIPSI MITA ERWINA_PGMI_17591084.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar bagi peserta didik, dan upaya memilih metode pembelajaran yang baik itu mempertinggi mutu pengajaran atau pendidikan yang akan menjadi tanggung jawabnya. Karena metode pembelajaran ini bertujuan untuk mempermudah seorang guru dalam mencapai segala tujuan tertentu. Penelitian ini membahas tentang metode pembelajaran dalam Al-Qur‟an surah An-Nahl ayat 125 (Analisis Tafsir Ibnu Katsir) dengan menggunakan Tafsir Al-Qur‟an. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran dalam Al-Qur‟an Surah An-Nahl ayat 125 melalui analisis tafsir Ibnu Katsir. Serta untuk mengetahui apakah ayat 125 surah An-Nahl tentang metode pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Liblary Reserch) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Tafsir yaitu menafsirkan ayat-ayat Al-Qur‟an yang berkaiatan dengan tema atau judul pembahasan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Metode ini dapat diartikan sebagai cara pengumpulan data dengan cara memamfaatkan data-data berupa buku-buku. Data diambil dari sumber-sumber kepustakaan yaitu sumber primer diantaranya tafsir Ibnu Katsir sedangkan sumber sekunder berupa buku-buku, jurnal, dan yang berkaitan dengan judul. Serta menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa metode pembelajaran dalam Al-Qur‟an Surah An-Nahl ayat 125 menurut Tafsir Ibnu Katsir terdapat tiga metode pembelajaran, yakni: metode Hikmah (perkataan yang baik), metode Mau‟idzah Hasanah (nasehat yang baik), dan metode Jidal (debat).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Erwina, MitaUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 125 (Analisis Tafsir Ibnu Katsir)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:53
Last Modified: 21 Feb 2023 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item