Upaya Guru Dalam Peningkatan Percaya Diri Siswa di Sekolah Dasar Negeri 135 Rejang Lebong

Wahyuni, Sefti and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2019) Upaya Guru Dalam Peningkatan Percaya Diri Siswa di Sekolah Dasar Negeri 135 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 135 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Permasalah yang berada di sekolah tersebut bahwa kurang percaya diri siswa dalam kegiatan proses pembelajaran berlangsung saat di dalam kelas, karena didapatkan siswa yang enggan untuk tampil dan berbicara di depan kelas, takut untuk menjawab pertanyaan dari guru, ragu serta malu akan kemampuan yang dimilikinya, sehingga menyebabkan prestasi belajarnya menurun. Tujuan peneliti ini adalah : (1) untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri siswa di kelas IV (2) Untuk mengetahui upaya guru dalam peningkatan percaya diri siswa (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan percaya diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researeh) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang terdapat dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, displey data, dan verifikasi data. Data-data yang diperoleh tersebut dipaparkan dengan bahan penulisan sendiri dengan tetap berpedoman pada aturan penulisan karya ilmiah. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : 1) kepercayaan diri siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 135 Rejang Lebong mengalami peningkatan percaya diri secara menyeluruh, hanya ada dua orang siswa saja yang kurang memiliki kepercayaan diri. Dengan begitu keberhasilan belajar siswa dapat meningkat dengan sendirinya. Percaya diri sangat penting dibutuhkan oleh siswa dalam proses pembelajaran karena dapat memotivasi siswa untuk meraih sebuah prestasi dalam belajar. 2) peningkatan ini terjadi karena adanya upaya yang dilakukan guru di Sekolah Dasar Negeri 135 Rejang Lebong, yaitu dengan : a. Melakukan pendekatan dengan siswa, b. Memberikan dukungan secara emosional, c. Mengajak siswa berkomunikasi, dan d. Memberikan tanggung jawab, 3) dan terdapat kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan percaya diri siswa yaitu terbatasnya pengetahuan tentang kepercayaan diri siswa, belum sepenuhnya memahami cara untuk peningkatan percaya diri siswa, kurangnya kesabaran menghadapi siswa, serta sifat siswa yang berubah-ubah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wahyuni, SeftiUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Percaya Diri Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item