Analisis Kritis Pelaksanaan Metode Menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Kautsar Curup Kabupaten Rejang Lebong

Sumantri, Yogi and Warsah, Idi and Siswanto, Siswanto (2019) Analisis Kritis Pelaksanaan Metode Menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Kautsar Curup Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi yogi sumantri.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

: Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji, salah satu pendidikan tahfiz di Rejang Lebong adalah rumah Qur’an Al-Kautsar yang telah memberikan kesempatan kepada putra-putri di daerahnya untuk mendalami nilai-nilai agama dengan menjadikan seorang hafiz Qur’an guna membentuk kepribadian muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode, faktor pendukung dan penghambat serta keberhasilan pelaksanaan metode menghafal Al-Qur’an di rumah Qur’an Al-Kautsar Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data yang diperoleh, teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi atau uji kredibilitas data menggunakan triagulasi sumber dan teknik. Simpulan penelitian ini adalah Pertama metode yang digunakan di rumah Qur’an Al-Kautsar adalah metode Tardid, Jibril dan Talaqqi, Pelaksanaan metode menghafal Al-Qur’an metode tardid dilaksanakan setiap awal pertemuan atau setiap masuk jam belajar dengan durasi waktu sekitar 30 menit untuk mengulang-ulang hafalan. kemudian untuk metode Jibril Pembimbing tahfiz membacakan ayat Al-Qur’an, secara baik dan benar kemudian santri mengikuti bacaan tersebut sedangkan metode Talaqqi dilaksanakan pada akhir pertemuan setelah para santri melakukan proses penghafalan selanjutnya mereka melakukan penyetoran atau memperdengarkan hafalan mereka kepada ustadz-ustadzah. Kedua faktor pendukung pelaksanaan metode menghafal Al-Qur’an adalah seperti pembimbing yang berkompeten, speaker, tape recorder, handphone, tempat yang strategis, dan motivasi dari santri itu sendiri sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah ustadzah lagi uzur, santri sering izin, keterbatasan waktu, malas mengulang-ngulang bacaan dan kurang fokus. Ketiga keberhasilan pelaksanaan metode menghafal Al-Qur’an, dari keterangan direktur dan pembimbing tahfiz bahwa pelaksanaan metode menghafal yang digunakan di rumah Qur’an Al-Kautsar sudah berhasil sesuai dengan target rumah Qur’an Al-Kautsar Curup Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sumantri, YogiUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kritis, Rumah Qur’an, Metode Menghafal Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item