Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SDN 43 Lebong Utara

Novtalien, Enni and Harmi, Hendra and Arbaini, Wiwin (2021) Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SDN 43 Lebong Utara. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ENNI NOVTALIEN (17591041).pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses pembaruan pengalaman. Proses tersebut terjadi melalu interaksi antara orang dewasa dengan anak-anak secara sengaja untuk menghasilkan kesinambungan secara sosial. Dalam proses belajar mengajar ada banyak faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran diantaranya, pendidik, peserta didik, lingkungan, strategi, metode/teknik, serta media pembelajaran. Realitasnya di SDN 43 Lebong Utara pembelajaran belum dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikat karena penggunaan metode ceramah yang lebih dominan sehingga siswa merasa jenuh dan bosan.Oleh karena itu penggunaan media tangga pintar menjadi salah satu alternative yang dilaksanakan oleh guru matematika dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2SDN 43 Lebong Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasikan informasi .Dari beberapa sumber data yang digunakan sumber data primer yaitu media tangga pintar dan data sekunder berupa RPP, Silabus dan dokumen-dokumen lainnya.Tekhnik analisis data menggunakan trianggulasi yaitu wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan media tangga pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa terlihat bahwa terjadi perubahan dalam proses pembelajaran dengan anak lebih aktif, efektif dan menyenangkan ketika belajar. 2) Dengan Penggunaan media tangga pintar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matematika hal ini dibuktikan dengan kemajuan belajar siswa. 3) Kelebihan penggunaan media tangga pintar adalah adanya sarana dan prasarana yang mendukung, adanya metode strategi dalam penyampaian materi. Sedangkan kekurangannya kelas yang kurang kondusif, banyak memakan waktu dan biaya.Dengan penggunaan media tangga pintar anak mampu memahami pembelajaran matematika dengan tema penjumlahan dan pengurangan secara nyata dan dapat menciptakan proses pembelajaran secara efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novtalien, EnniUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Tangga Pintar , Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:51
Last Modified: 21 Feb 2023 07:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item