Penerapan Metode Brian Gym ( Senam Otak ) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD N.79 Rejang Lebong

Kartika, Ayu Dwi and Sugiatno, Sugiatno and Bariyanto, Bariyanto (2018) Penerapan Metode Brian Gym ( Senam Otak ) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD N.79 Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
PENERAPAN METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 79 Rejang Lebong, di SD tersebut tingkat konsentrasi siswa masih rendah khususnya di kelas IV. Dimana di sana siswanya masih banyak yang tidak fokus saat belajar seperti adanya siswa yang mengobrol di kelas, ada juga siswa yang asik bermain sendiri di kelas (mencoret-coret buku atau meja, mengganggu teman lain), serta adanya siswa yang izin keluar masuk kelas ketika pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat di lihat saat peneliti melakukan observasi. Peneliti mencoba menggunakan metode Brain Gym (senam otak) untuk di jadikan suatu metode yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 79 Rejang Lebong dengan penggunaan metode Brain Gym (senam otak). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang di laksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Analisis data dalam penelitian ini di peroleh dari tes persiklus dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar dan lembar observasi dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang berjenis penelitian tindakan kolaboratif (kolaborasi) sebab pada penelitian ini peneliti melibatkan orang lain, yaitu guru matematika itu sendiri serta teman sejawat yang menjadi observer. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Brain Gym (senam otak) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini di karenakan siswa lebih berkonsentrasi dan semangat dalam belajar, ini dibuktikan melalui hasil observasi dengan melihat hasil belajar siswa sebelum penggunaan metode Brain Gym (senam otak) dapat di katakan rendah dengan nilai rata-rata 46,3. Dengan penggunaan Brain Gym (senam otak) aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan setiap siklus terlihat pada Siklus I dengan skor rata-rata sebesar 22 dalam kriteria kurang, pada siklus II dengan skor rata-rata sebesar 28,5 dalam kriteria cukup pada siklus III dengan skor rata-rata sebesar 39 dalam kriteria baik. Untuk hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 47,82 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 65,21 pada siklus III dengan nilai rata-rata 75,21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Kartika, Ayu DwiUNSPECIFIED
Sugiatno, SugiatnoUNSPECIFIED
Bariyanto, BariyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Brain Gym (senam otak); Konsentrasi Belajar; Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:14
Last Modified: 19 Oct 2019 12:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item