Pengaruh Kemampuan Manajerial Pimpinan dan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Ar-Risalah Kota Lubuklinggau

Yunita, Erma and Ifnaldi, Ifnaldi and Sumarto, Sumarto (2021) Pengaruh Kemampuan Manajerial Pimpinan dan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Ar-Risalah Kota Lubuklinggau. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PIMPINAN DAN SISTEM INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI PONDOK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan manajerial pimpinan pondok pesantren berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah mencakup kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, dan kompetensi sosial. Dalam penelitian ini analisis yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang lebih menitikberatkan kepada keakuratan data dalam setiap variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang ada di Pondok Pesantren Ar-Risalah Kota Lubuklinggau yang berjumlah 41 orang. Dari hasil analisis data terbukti bahwa ada pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di Pondok Pesantren Ar-Risalah Lubuklinggau signifikansi t sebesar 0,296 > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan manajerial pimpinan dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen di sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Adapun pengaruh tersebut bersifat positif artinya semakin tinggi tingkat kemampuan manajerial pimpinan maka semakin meningkat juga kinerja guru Hasil analisis data sebagaimana yang telah dijelaskan di atas menunjukkan ada pengaruh sistem informasi terhadap kinerja guru di di Pondok Pesantren Ar-Risalah dengan signifikansi t sebesar 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sistem informasi berpengaruh terhadap kinerja guru. Dengan demikian, sistem onformasi memberikan sumbangsih efektif terhadap kinerja guru. Hasil analisis korelasi sebagaimana tabel di atas menjelaskan adanya output regresi yang menunjukkan pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru diperoleh nilai R Square sebesar 0,481. Angka tersebut menunjukkan variasi nilai kinerja guru yang bisa dijelaskan oleh persamaan regresi yang diperoleh adalah sebesar 48,1% sedangkan sisa 51,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan model regresi yang diperoleh

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Yunita, ErmaUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Sumarto, SumartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Manajerial Pimpinan, Sistem Informasi, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1591

Actions (login required)

View Item View Item