Pengaruh Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika di SDN 114 Rejang Lebong

Nengsiati, Nengsiati and Ratnawati, Ratnawati and Mutia, Mutia (2020) Pengaruh Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika di SDN 114 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH METODE JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 114 REJA~1.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa masih sangat pasif terhadap guru yang memberikan pembelajaran di dalam kelas siswa menganggap bahwa guru yang di depan kelaslah satu-satunya pemberi materi yang benar, sehingga siswa hanya mengikuti apa yang di berikan oleh guru tanpa siswa berpikir secara mandiri. Seharusnya di kelas yang sudah di katakan kelas tinggi ini mereka sudah bisa berpikir dan menalar tentang pembelajaran di sekolah. Selain itu, karena keterbatasan siswa untuk berpikir secara mandiri dan kreatif sehingga permasalahan bagi guru adalah sulit untuk menerapkan metode-metode yang mengarahkan siswa untuk belajar mandiri. Dan masih banyak sekali siswa yang tidak aktif untuk bertanya ketika pembelajaran sedang berlangsung di dalam kelas, sehingga sangat berpengaruh dengan hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan salah satu solusi yaitu dengan adanya metode Jelajah Alam Sekitar (JAS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode JAS terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui adakah pengaruh metode JAS terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika kelas V di SDN 114 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design yaitu dengan melakukan (pretest) lalu dikenakan perlakuan (treatment) kemudian dilakukan tes akhir (posttest). Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) dalam pelaksanaan metode JAS terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika di SDN 114 Rejang Lebong pada pertemuan pertama dan pertemuan ke dua menunjukan bahwa aktivitas guru maupun siswa adalah cukup sedangkan pertemuan ketiga, menunjukan bahwa aktivitas guru maupun siswa adalah baik. (2) berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,08 dan diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (1,71 < 3,08 > 2,49) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara metode JAS terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika di SDN 114 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nengsiati, NengsiatiUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Mutia, MutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jelajah Alam Sekitar, Matematika, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item