Analisis Komunikasi Promosi Objek Wisata Danau Mas Harun Bastari Rejang Lebong

Muqtazi, Aziz Sidiq and Toni, Hariya and Verolyna, Dita (2021) Analisis Komunikasi Promosi Objek Wisata Danau Mas Harun Bastari Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Analisis Komunikasi Promosi Objek Wisata Danau Mas Harun Bastari Rejang Lebong (Aziz Sidiq Muqtazi 1752100.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Rejang Lebong adalah salah satu daerah tujuan wisata utama di Provinsi Bengkulu yang mempunyai kemampuan tidak kalah menarik dengan wilayah tujuan wisata lainnya di Indonesia. Kepariwisataan Kabupaten Rejang Lebong telah banyak dikenal masyarakat mancanegara akan tetapi belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Kabupaten Rejang Lebong mempunyai banyak objek wisata yang dapat dikunjungi seperti wisata alam, agrowisata, wisata seni budaya, wisata peninggalan sejarah dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara komunikasi promosi objek wisata Danau Mas Harun Bastari Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Komunikasi promosi objek wisata Danau Mas Harun Bastari Rejang Lebong dari orang satu kelainnya, serta promosi dari pihak pariwisata sudah berjalan dengan baik, sedangkan dari segi visual berupa spanduk dan program pemerintah dari Dinas Pariwisata melalui program Visit Wonderfull (yang sejenis mengembangkan objek atau mengedepankan objek wisata Rejang Lebong). 2) Faktor yang mempengaruhi proses komunikasi promosi objek wisata Danau Mas Harun Bastari Rejang Lebong, yaitu kurangnya promosi secara visual di daerah lain, contohnya yaitu salah satu Kabupaten Lebong yang mempromosikan objek wisata Lebong di Curup melalui spanduk yang ada di Simpang 4 Bundaran Air Rambai, seharusnya Objek Wisata Rejang Lebong terutama Danau Mas Harun Bastari dipromosikan di daerah lain misalnya di Lubuk Linggau dan Lebong serta Kepahiang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Muqtazi, Aziz SidiqUNSPECIFIED
Toni, HariyaUNSPECIFIED
Verolyna, DitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Objek Wisata, Promosi, Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item