Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan SD Islam Terpadu Al-Mathiriyah Kabupaten Musi Rawas Utara

Hamidi, Hamidi and Nuzuar, Nuzuar and Nurmal, Ifnaldi (2019) Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan SD Islam Terpadu Al-Mathiriyah Kabupaten Musi Rawas Utara. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Tesis Full Text.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan belajar mengajar. Begitu juga dengan tenaga pendidikan yang mengurusin segala administrasi sekolah. Memang tolak ukur kemajuan suatu sekolah atau madrasah tidak hanya dapat diukur dari input siswa yang tinggi, namun faktor kualitas guru yang memberikan pengajaran kepada siswa juga sangat menentukan. Setiap satu kelas didampingi oleh 2 orang guru, sehingga memberikan pelayanan pengajaran dan pendidikan kepada siswa sangat intensif. Pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan sangatlah perlu diperhatikan dalam upaya peningkatan mutu sekolah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskiriftif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk menetapkan keabsahan (trustworthiness) data diperlukan teknik pemeriksaan, yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian akan data dan hasil penelitian. Teknik analisi data meliputi editing, kategori, mendisplay data dan penafsiran. Simpulan dalam penelitian ini, yakni sebagai berikut: Pertama, perencanaan tenaga pendidik dan kependidikan SD Islam Terpadu Al-Mathiriyah Kabupaten Musi Rawas Utara berjalan dengan baik seperti ratio guru dan siswa (2/22) sangat ideal dan sesuai dengan standar, memetakan kebutuhan guru dan tata usaha berdasarkan spesifikasi dan keahlian. Kedua, pelaksananaan tenaga pendidik dan kependidikan, yakni pola rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan dengan seleksi administrasi berkas lamaran pekerjaan dan tes kemampuan baca al-Qur’an dan tes micro teaching. Ketiga, kepala sekolah melakukan kontrol kepada tenaga pendidik dan kependidikan dengan cara kepala sekolah melakukan kegiatan keliling ruangan selama proses pembelajaran berlangsung dan kemudian kepala sekolah memeriksa absensi tenaga pendidik dan kependidikan, kemudian jurnal pembelajaran di dalam kelas. Keempat, kepala sekolah menggunakan instrumen angket yang disebarkan kepada siswa dan kotak saran sehingga kepala sekolah mengetahui kekuatan dan kelemahan tenaga pendidik dan kependidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Hamidi, HamidiUNSPECIFIED
Nuzuar, NuzuarUNSPECIFIED
Nurmal, IfnaldiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:27
Last Modified: 21 Feb 2023 02:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item