Implementasi teknik tell me what you see Dalam meningkatkan keterampilan berbicara Pada mata pelajaran bahasa indonesia Sdn 134 rejang lebong

Margareta, Siska and Ratnawati, Ratnawati and Khair, Ummul (2018) Implementasi teknik tell me what you see Dalam meningkatkan keterampilan berbicara Pada mata pelajaran bahasa indonesia Sdn 134 rejang lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
IMPLEMENTASI TEKNIK TELL ME WHAT YOU SEE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keterampilan berbicara serta minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IIIA sebelum penerapan metode Tell Me What You See di SDN 134 Rejang Lebong; (2) untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IIIA setelah Penerapan Metode Tell Me What You See di SDN 134 Rejang Lebong; dan (3) untuk mengetahui apakah dengan metode Tell Me What You See dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kela IIIA di SDN 134 Rejang Lebong. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model Kurt Lewin yng terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (a) perencanaan (planning); (b) tindakan (Acting); (c) pengamatan (Observasi), dan (e) reflesing (Reflecting). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan rata-rata dan peresntase hasil belajar, sedangkan untuk menganalisis data observasi menggunakan lembar observasi siswa guru dan observasi siswa dengan kreteria baik, cukup dan kurang. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IIIA di SDN 134 Rejang Lebong telah melakukan penerapan metode pembelajaran Tell Me What You See mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar secara klasikal pada tindakan siklus I, ketuntasan mengomentari persoalan faktual siswa mencapai 71,4% dengan nilai rata-rata 72,1, pada tahap ini ketuntasan siswa dalam mengomentari persoalan faktual masih kurang karena kurang dari 85% dari keseluruhan siswa belum tuntas. pada siklus II ternyata ketuntasan belajar siswa mencapai 95,2% dengan nilai rata-rata78,8. Hal ini meningkat apabila dibandingkan dengan ketuntasan yang terjadi pada siklus I. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa proses belajar pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Tell Me What You See dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini menunjukan bahwa penerapan model Tell Me What You See dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia mempunyai pengaruh yang positif yang meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Margareta, SiskaUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tell Me What You See; Keterampilan Berbicara; Action Research
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:12
Last Modified: 19 Oct 2019 12:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item