Analisis Penggunaan Microsoft Mathematics Pada Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Menengah Atas

Hidayati, Aprida and Sagiman, Sagiman and Irsal, Irni Latifa (2021) Analisis Penggunaan Microsoft Mathematics Pada Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
ANALISIS PENGGUNAAN MICROSOFT MATHEMATICS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS.pdf

Download (13MB)

Abstract

Salah satu program yang dapat digunakan siswa untuk membantu memahami konsep matematika dengan baik serta membantu siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah Microsoft Mathematics. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) menggambarkan proses pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Mathematics pada pembelajaran matematika dan (2) mengetahui pengaruh penggunaan Microsoft Mathematics terhadap siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dilaksanakan di SMA Negeri 03 Rejang Lebong. Data diperoleh dengan melakukan observasi, posttest, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes, pedoman wawancara guru dan siswa, serta angket siswa. Subjek penelitian peserta didik (33 orang) kelas XI SMA Negeri 03 Rejang Lebong. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Mathematics diterima dengan baik oleh siswa dan memiliki pengaruh positif pada pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil observasi dan angket yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Mathematics berada dikualifikasi sangat baik yakni 93,63%. Disamping itu Microsoft Mathematics juga memiliki pengaruh yang positif kepada siswa dilihat dari tiga aspek yakni: (1) aspek kognitif, penggunaan Microsoft Mathematics pada materi turunan dari hasil belajar kognitif siswa diperoleh rata-rata sebesar 80,88 dengan kualifikasi baik, berdasarkan tingkat hasil kognitif berdasarkan indikator taksonomi bloom pada kemampuan tingkat mengaplikasi (C3) dikatagorikan tinggi, kemampuan tingkat menganalisis (C4) dikatagorikan sedang, dan pada kemampuan tingkat mengevaluasi (C5) dikatagorikan rendah. (2) Aspek psikomotorik, hal ini dapat dilihat dari terbentuknya kemampuan siswa dalam mengaplikasikan teknologi. (3) Aspek afektif, penggunaan media Microsoft Mathematics dapat mengembangkan kemampuan siswa serta motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hidayati, ApridaUNSPECIFIED
Sagiman, SagimanUNSPECIFIED
Irsal, Irni LatifaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Microsoft Mathematics, Turunan, Teknologi Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:26
Last Modified: 21 Feb 2023 02:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item View Item