Analisis Pemasaran Syariah Tentang Produk Olahan Kemasan Tanpa Mencantumkan Komposisi Bahan (studi kasus di wilayah Rejang Lebong)

Korniadi, Arif and Hendrianto, Hendrianto and Umam Khudori, Khairul (2022) Analisis Pemasaran Syariah Tentang Produk Olahan Kemasan Tanpa Mencantumkan Komposisi Bahan (studi kasus di wilayah Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Arif Kurniadi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran syariah tentang produk olahan kemasan pada dasarnya disesuaikan dengan pemasaran yang berbasis Islamiah, dengan kata lain kesalah dalam pengemasan dapat ditoleransi apabila tidak ada unsur kesengajaan didalam sistem produksinya. Akan tetapi menjadi suatu yang dilarang apabila produk olahan tersebut dalam pengemasannya terdapat unsur penipuan,ketidakjelasan, dan tanggung jawab yang kurang penuh terhadap produksinya sendiri. . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder, pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi kepada informan. Teknik analisa data yang dilakukan adalah observasi lapangan dalam suatu teknik analisa dimana semua data yang diperoleh dari wawancara dipaparkan terlebih dahulu kemudian menganalisanya dengan berpedoman pada sumber-sumber dalam bentuk kalimat-kalimat. Hasil penelitian yang didapat dari beberapa informan nasabah menunjukkan Pemasaran syari’ah tentang produk olahan kemasan yang tidak mencantumkan komposisi bahan di wilayah Rejang Lebong dapat disimpulkan bahwa dapat diketahui pemasaran yang dilakukan oleh produsen olahan makanan tanpa komposisi bahan telah memasarkan produknya dengan baik sesuai dengan teori pemasaan syaiah hanya saja belum sepenuhnya terealisasikan. Faktor yang mendukung pemasaran syariah tentang produk olahan kemasan yang tidak mencantumkan komposisi bahan ialah bisa dilihat dari produsen yang melakukan motivasi terhadap prosuk-produk olahan yang mereka miliki dalam memasarkan produk di Rejang Lebong,sedangkan faktor penghambatnya ialah belum adanya sumber daya manusia yang memiliki inovasi dalam mendesain pelebelan produk olahan makanan yang dimiliki masing-masing prosuden, sehingga dalam pemasaran produk mereka memiliki komposisi bahan terhadap produk olahan makanan di Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Korniadi, ArifUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Umam Khudori, KhairulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemasaran syariah,produk olahan kemasan,Komposisi bahan..
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:25
Last Modified: 21 Feb 2023 02:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1375

Actions (login required)

View Item View Item