Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Mewujudkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Rejang Lebong

Kurniawati, Pika and Fathurrohman, Irwan and Bahri, Syaiful (2021) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Mewujudkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PIKA KURNIAWATI (17561028).pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai supervisor yang merupakan salah satu pemimpin pendidikan, Karena kepala sekolah merupakan seorang pejabat yang profesional dalam organisasi sekolah yang bertugas mengatur semua sumber organisasi dan bekerjasama dengan guru-guru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja tugas kepala sekolah di SMPN 9 Rejang Lebong tersebut dan untuk mendeskripsikan bagaimana peran kepala sekolah dalam mewujudkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolah tersebut dan apa saja hambatan-hambatan kepala sekolah sebagai supervisor dalam mewujudkan profesionalisme tenaga kependidikan di SMPN 9 Rejang Lebong tersebut. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode fild research (penelitian lapangan) dan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan mengungkapkan fenomena yang terjadi di lapangan yaitu di SMPN 9 Rejang Lebong. Adapun data yang di peroleh dan di analisis dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian pada SMPN 9 Rejang Lebong diketahui bahwa yang pertama: tugas dari supervisor mengupayakan agar tenaga kependidikan lebih serius dan semangat serta bertanggung jawab dalam kegiatan yang di berikan kepala sekolah, kedua: profesionalisme dari kepala sekolah terhadap tenaga kependidikan merupakan tanggung jawab dan memberikan prinsip yang sangat baik untuk guru dan sekolah, memberikan kedisplinan terhadap sekolah, dan kepala sekolah sangat tegas dalam memberikan pedoman tentang kemandirian dan tanggung jawab, ketiga: hambatan-hambatan bagi kepala sekolah di SMPN 9 Rejang Lebong yaitu kurangnya kedisiplinan di tenaga kependidikan, sarana dan prasarana kurang memadai, rendahnya produktivitas kerja,dan kurangnya kinerja yang dilakukan oleh tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kurniawati, PikaUNSPECIFIED
Fathurrohman, IrwanUNSPECIFIED
Bahri, SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepala Sekolah, Supervisor, Tenaga Kependidikan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:47
Last Modified: 20 Feb 2023 09:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item