Analisis Nilai-nilai Multikultural Keberagamaan di SD Negeri 47 Rejang Lebong

Sari, Cici Permata and Azwar, Beni and Aprilia, Roseti (2019) Analisis Nilai-nilai Multikultural Keberagamaan di SD Negeri 47 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL KEBERAGAMAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 47 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini adalah bahwa pendidikan multikultural merupakan suatu pendidikan yang harus ditanamkan di Sekolah Dasar yang ada di indonesia khususnya di Desa Sumberejo Transad. Bagian dari pendidikan multikultural adalah budaya, ras, suku, etnis, bahasa dan agama. Pendidikan multikultural yang terdapat di SD Negeri 47 Rejang Lebong Desa Sumberejo Transad adalah multikultural keberagamaan. Nilai-nilai multikultural keberagamaan merupakan suatu nilai yang ada di SD Negeri 47 Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas 4, wali kelas 5, dan wali kelas 6 serta guru PAI yang ada di SD Negeri 47 Rejang Lebong desa Sumberejo Transad kecamatan Bermani Ulu Raya. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai multikultural keberagamaan yang terdapat di SD Negeri 47 Rejang Lebong adalah nilai demokrasi: adalah sebuah nilai yang memberikan kebebasan dan hak kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya, nilai toleransi: adalah sebuah nilai untuk saling menghargai sesama walaupun memiliki perbedaan yang beragam, nilai HAM: adalah sebuah nilai yang mengutamakan hak pendidikan dan fasilitas serta semua hal yang menunjang pendidikan untuk peserta didik tersebut, nilai keadilan: adalah nilai yang memberikan persamaan hak tanpa membeda-bedakan keberagaman atau perbedaan, dan nilai kesetaraan gender: adalah nilai yang memberikan hak kepada setiap peserta didik untuk berkarya dan berprestasi tanpa adanya batasan antara laki-laki dan perempuan. Kelima nilai yang ada di SD Negeri 47 Rejang Lebong sudah ada dan sudah diterapkan di sekolah tersebut, dikarenakan ada faktor internal dan eksternal yang mendukung dalam penerapan dan pelaksanaan nilai-nilai multikultural keberagamaan di Sekolah tersebut. Faktor penghambat, tidak adanya kurikulum khusus yang membahas mengenai pendidikan multikultural dan melaksanakan pendidikan multikuktural diluar kelas yang membutuhkan biaya dan waktu. dan faktor pendukung nilai-nilai multikultural keberagamaan adalah adanya dukungan dari Sekolah dan masyarakat mengenai penerapan pelaksanaan nilai-nilai multikultural keberagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Cici PermataUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Aprilia, RosetiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, Multikultural, Keberagamaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:46
Last Modified: 20 Feb 2023 09:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item