SISKA, ILIYA and Ristianti, Dina Hajja and Hartini, Hartini (2021) Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Smk It Khoiru Ummah. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
ILIYA SISKA - iliya siska.pdf Download (1MB) |
Abstract
Iliya Siska, 2021. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan belajar pada masa pandemi covid-19 di sekolah. Sehingga penenliti ingin mengetahui permasalahan belajar yang di alami oleh siswa dan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahn belajar tersebut. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pembelajaran bagi peserta didik, sehingga ada beberapa peserta didik mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pertama, permasalahan belajar siswa; kedua, faktor penyebab kesulitan belajar siswa; ketiga, faktor pendukung dan penghambat bagi guru BK dalam memberikan layanan; dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Metodelogi penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data dengan cara wawancara dan dokumentasi, subjek pada penelitian ini adalah guru BK SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong dan 10 orang siswa kelas X yang di kategorikan mengalami kesulitan belajar. Teknik analisis data di mulai dari reduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data, dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam belajar meliputi sulit memahami materi, semangat belajar menurun, motivasi belajar menurun, kurang menyukai mata pelajaran matematika, bahasa inggris, dan fisika, tidak memiliki alat untuk belajar. Faktor penyebabnya yaitu ketidakmampuan dalam memahami materi, kurang motivasi, terlalu di fasilitasi, metode penyampaian materi yang di gunakan oleh guru tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Faktor pendukung bagi guru dalam melaksanakan layanan yaitu adanya kelebihan-kelebihan yang di miliki oleh sekolah, seperti sekolah menyediakan pelaksanaan layanan secara daring, tersedianya laptop, komputer, speaker, microfon, perpustakaan. Adapun faktor penghambat bagi guru dalam melaksanakan layanan yaitu kurangnya pengalaman mengajar bagi guru BK, tidak tersedianya jam belajar khusus BK dan tidak ada ruangan khusus gedung pelaksanaan layanan BK. Upaya yang dapat di lakukan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan memberikan need assessment melalui program dan layanan-layanan BK. Kata Kunci : Peran guru BK, Kesulitan belajar, pendemi covid-19
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:45 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:45 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1205 |
Actions (login required)
View Item |