Analisis Strategi Pemasaran Produk Amanah dengan Sistem Office Channeling Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah di Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Curup

Karolin, Iin and Hendrianto, Hendrianto and Khudhori, Khairul Umam (2022) Analisis Strategi Pemasaran Produk Amanah dengan Sistem Office Channeling Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah di Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IIN KAROLIN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan tujuan atau cara perusahaan untuk menarik masyarakat menjadi nasabah menggunakan produk yang ditawarkan. Strategi pemasaran produk Amanah (pembiayaan kendaraan berbasis syariah) diimplementasikan oleh PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup menggunakan marketing mix yaitu sejumlah indikator-indikator pemasaran yang digunakan suatu perusahaan untuk meyakinkan target pasar yang dituju. Penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan Metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer digunakan dengan melakukan wawancara secara langsung dilapangan dengan sampel penelitiannya yaitu Pimpinan Cabang, karyawan pegadaian BPO SP, dan CS RO di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup. Untuk data sekunder didapatkan dari website resmi Pegadaian, Arsip-arsip langsung dari PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup, Jurnal, dan Buku-buku. Kemudian Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Pemasaran Produk Amanah dengan Sistem Office Channeling dalam Upaya Menarik Minat Nasabah yang dilakukan oleh PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup sudah Cukup Maksimal dan Efektif dalam pelaksanaanya dikarenakan strategi pemasarannya telah menerapkan bauran pemasaran (Marketing Mix) dengan dilihat dari 7 indikator strategi pemasaran atau disebut juga dengan 7P, yaitu: produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), bukti fisik (physical evidence). Kemudian Upaya yang dilakukan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup menerapkan nilai-nilai syariah dalam pemasaran produk Amanah yaitu dengan memberikan citra yang terbaik kepada nasabah dengan menerapkan nilai-nilai dalam pemasaran syariah yang mengambil konsep keteladanan sifat Rasulullah SAW, yaitu: sifat shiddiq (benar atau jujur), amanah (terpercaya), fathanah (cerdas), tabligh (menyampaikan), dan istiqamah (konsisten). Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Office Channeling, Pegadaian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Karolin, IinUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Khudhori, Khairul UmamUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:45
Last Modified: 20 Feb 2023 09:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item