Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Viii Smpn 02 Sikap Kabupaten Empat Lawang)

Lisda, Lisda and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin (2019) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Viii Smpn 02 Sikap Kabupaten Empat Lawang). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
lisda.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

motivasi adalah dorongan yang timbul dari diri sesorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan perbuatan dengan tujuan tertentu. Sedangkan pendidikan agama islam adalah proses bimbingan jasmani dan rohani serta akal peserta didik kaerah terbentuknya pribadi muslim. Jadi dalam pembahasan ini penelitian mencoba melihat sejauh mana proses terpengaruhnya lingkungan keluarga yang dimiliki setiap siswa terutama yang ada di SMPN 2 Sikap Dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam smpn 02 sikap dalam. Jenis penelitian ini adalah korelasi, yaitu menjelaskan tentang adanya tidak pengaruh antara variabel X sebagai independent atau bebas ( pengaruh pendidikan agama islam) dengan variabel Y sebagai dependent atau terikat (motivasi belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 02 Sikap Dalam, yang berjumlah 230 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik sampling non random, yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian, dan sampel yang akan diambil yaitu kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Menggunakan rumus validitas, realibiltas, uji normalitas dan product moment. Motivasi belajar siswa SMPN 02 Sikap Dalam. Perhitungan angka korelasi antara variabel X dan variabel Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif ( korelasi yang berjalan searah) . dengan memperhatikan besarnya berkisar antara 0,400-0,500 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y adalah termasuk korelasi positif. Adapun hasil dari product moment yaitu 0,78 berarti ada Pengaruh antara variabel X dan Y. Dari deskripsi data di atas dapat di simpulkan bahwa selain motivasi belajar di dukungan oleh faktor lainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lisda, LisdaUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arbaini Wahyuningsih, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga , Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:40
Last Modified: 20 Feb 2023 09:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item