Pengaruh Produk Asuransi terhadap Minat Masyarakat Menjadi Peserta Asuransi Jiwa bersama Bumi Putera 1912 Cabang Curup

Ramanda, Putri and Noprizal, Noprizal and Sholihin, Muhammad (2019) Pengaruh Produk Asuransi terhadap Minat Masyarakat Menjadi Peserta Asuransi Jiwa bersama Bumi Putera 1912 Cabang Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PUTRI RAMANDA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian “ini dilatar belakangi oleh minat masyarakat terhadap asuransi jiwa. Pada dasarnya perusahaan asuransi dalam kegiatannya, secara terbuka itu banyak mengadakan penawaran atau menawarkan suatu perlindungan atau proteksi serta harapan pada masa yang akan datang kepada setiap masyarakat atau lebih ke individu dan juga kelompok-kelompok dalam masyarakat atau instansi-instansi lain. Tingkat kesadaraan masyarakat Indonesia dalam berasuransi masih tergolong sangat rendah jika di bandingkan dengan kesadaran berasuransi di Negara lain. Padahal kita tahu bahwa potensi pasar industri asuransi jiwa itu untuk berkembang di Indonesia sangat besar dengan jumlah pupolasi yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh produk asuransi terhadap minat masyarakat. “Jenis “penelitian dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 108 orang yang merupakan peserta Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Cabang Curup dengan sampel penelitian sebanyak 25 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah kuesioner (angket). Kemudian untuk menganalisis data menggnunakan uji statistik deskriptif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dan instrument penelitian ini berupa kuisioner, kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS 16.0. “ Dari “analisis data penelitian ini menunjukkan hasil Uji T diperoleh bahwa variabel produk mitra cerdas memiliki thiutng sebesar 2,237 > ttabel 1,724. Maka Ha diterima yakni produk mitra cerdas berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat.Variabel produk mitra beasiswa memiliki thitung sebesar 3,488 > ttabel1,742. Maka Ha diterima yakni produk mitra beasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat. Variabel produk mitra protelui mandiri memiliki thiutng sebesar 1,916 > ttabel 1,724, maka Ha diterima yakni produk mitra protelui mandiri berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat. Hasil uji F bahwa Fhitung 4,955 > Ftabel sebesar 2,87 sehingga variabel produk mitra cerdas, produk mitra beasiswa, produk mitra protelui mandiri berpengaruh secara simultan sebesar 45,2% terhadap minat masyarakat sedangkan 54,8% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. “

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramanda, PutriUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Sholihin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Produk Mitra Cerdas, Produk Mitra Beasiswa, Produk Mitra Protelui Mandiri, Minat Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:40
Last Modified: 20 Feb 2023 09:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item