Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIS 04 Kepahiang

Gustiani, Melis and Kurniawan, Kurniawan and Ryan Oktori, Agus (2019) Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIS 04 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN METODE GALLERY WALK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IP.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik yang didalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru-siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Tugas guru yang paling penting sesuai dengan perannya adalah menumbuhkan minat dan daya tarik terhadap pembelajaran siswa salah satu caranya dengan melalui berbagai variasi metode pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode dalery walk pada mata pelajaran IPA kelas V di MIS 04 Kepahiang, 2) Untuk mengetahui peningkatan Metode Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajran IPA kelas V di MIS 04 Kepahiang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MIS 04 Kepahiang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V, berjumlah 48 siswa orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 28 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan nilai kelas ekperimen dan kelas kontrol menggunakan rumus T-test Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Metode Galery Walk pada kelas ekperimen dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut yaitu: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan dua hingga empat orang, Tiap kelompok diperintahkan untuk mendiskusikan apa yang didapat oleh anggotannya dari pelajaran yang mereka ikuti. Daftar tersebut kemudian ditempel pada dinding, Masing-masing kelompok berputar mengamati hasil kerja kelompok lain, Salah satu wakil kelompok menjelaskan setiap apa yang ditanyakan oleh kelompok lain Setelah seluruh proses pembelajaran selesai, setiap kelompok menyimpulkan hasil kerja yang telah dilakukan, dengan diberikan penguatan oleh guru, 2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa baik pada kelas ekperimen (menerapkan metode Galery Walk) maupun kelas kontrol. Dari hasil analisis dengan menggunakan perbandingan hasil belajar tersebut, didapatkan data bahwa Dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (t_0= 5.54) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel nilai t (t_(t.ts 5%)= 2,07 dan t_(t.ts 1%)= 2,81) maka dapat kita ketahui bahwa t_0 adalah lebih besar dari pada t_tabel,yaitu 2,07 < 5.54> 2,81.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Gustiani, MelisUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Ryan Oktori, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Gallery Walk, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:40
Last Modified: 20 Feb 2023 09:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item