Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Keislaman di Era Sekarang (Studi Di Smp N 12 Rejang Lebong)

Arsita, Helsi and Arcanita, Rafia and Siswanto, Siswanto (2022) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Keislaman di Era Sekarang (Studi Di Smp N 12 Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Helsi Arista.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan pasca Covid-19 ini yang berkaitan dengan Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai keislaman di era sekarang (Studi di SMP N 12 Rejang Lebong). Dalam penelitian ini memfokuskan dan dua pokok pembahasan penelitian yaitu bagaimana proses pembelajaran di Era Sekarang yakni keadaan di masa Pandemi Covid-19 dan masa pasca pandemi covid-19 serta apa saja problematika guru pendidikan agama islam dalam mengimplementasikan nilai�nilai keislaman di era sekarang. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Sekarang di SMP N 12 Rejang Lebong (2) Untuk mengetahui apa saja Problematika yang dihadapi guru pendidikan dalam proses mengimplementasikan nilai nilai keislaman pada pembelajaran pendidikan agama islam di era sekarang di SMP N 12 Rejang Lebong (3) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi problematika yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam proses mengimplementasikan nilai-nilai keislaman pada pembelajaran pendidikan agama islam di era sekarang. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Proses pembelajaran pendidikan agama islam di era sekarang mulai diterapkan secara normal, serta adanya pengurangan jam pembelajaran (2) Problematika guru pendidikan agama islam dalam mengimplementasikan nilai nilai keislaman di era sekarang antara lain : kurangnya efektivitas pembelajaran, kurangnya jam pembelajaran, kurangnya sarana) (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika guru pendidikan agama islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai keislaman di era sekarang yakni : (melakukan evaluasi pembelajaran, menerapkan kegiatan dzuhur berjamaah, mengadakan kegiatan dhuha bersama, kegiatan imtaq di hari jum‟at, serta dalam bulan suci ramadhan diadakan kegiatan pesantren kilat). Kata Kunci : Problematika Guru Pendidikan Agama Islam, Era Sekarang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arsita, HelsiUNSPECIFIED
Arcanita, RafiaUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:39
Last Modified: 20 Feb 2023 09:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item