Wandira, Ayu and Harmi, Hendra and Khair, Ummul (2021) Konsep Pendidikan Islam dalam Persfektif Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13 Tingkat SLTP. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
SKRIPSI AYU WANDIRA.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Kemajuan dunia pendidikan saat ini, tidak dapat dilepaskan dari peran tokoh sebagai aktor utama. Tokoh yang memiliki pemikiran serta mempunyai ide-ide yang luas terhadap pendidikan Islam. Pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya bukan hanya memiliki ilmu yang luas, namun juga seorang yang beriman, berakhlak mulia, dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan profesinya. Pada hakikatnya kurikulum 13 berisi kreatif, inovatif, dan trampil untuk mengembangkan kempuan terhadap peserta didik. Permasalahan didalam skripsi ini adalah: Bagaimana konsep pendidikan Islam persfektif Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan relevansinya dengan kurikulum 13 tingkat SLTP. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui konsep pendidikan Islam dalam persfektif Syed Al-Naquib Al-Attas dan relevansinya dengan kurikulum 13 tingkat SLTP. Jenis penelitian ini merupakan kajian pustaka (library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik literatu. Sedangkan teknik analisisnya penulis menggunakan teknik analisis data (content analysis) dengan mengumpulkan arsip-arsip. Adapun pihak yang menjadi informasi adalah buku karangan al-Attas, jurnal, dan referensi yang lain sebagainya. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa; Pertama, Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan Kurikulum 13 tingkat SLTP adalah suatu penanaman adap dalam diri manusia, serta menciptakan insan kamil dan menjadikan manusia yang paripurna. Kedua,Kurikulum 13 lebih mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan yang berkarakter, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa dituntut untuk paham atas materi serta siswa harus aktif berdiskusi dan mampu berpresentasi serta memilki sopan santu dan disiplin tinggi. Ketiga, Relevansinya Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Attas dengan Kurikulum 13 tingkat SLTP terdapat pada sama- sama bertujuan dalam pengembangan potensi dan keaktipan peserta didik. Metode pendidikan Islam menurutnya ada tiga: yaitu metode tauhid, metode metafora dan cerita.Kemajuan dunia pendidikan saat ini, tidak dapat dilepaskan dari peran tokoh sebagai aktor utama. Tokoh yang memiliki pemikiran serta mempunyai ide-ide yang luas terhadap pendidikan Islam. Pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya bukan hanya memiliki ilmu yang luas, namun juga seorang yang beriman, berakhlak mulia, dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan profesinya. Pada hakikatnya kurikulum 13 berisi kreatif, inovatif, dan trampil untuk mengembangkan kempuan terhadap peserta didik. Permasalahan didalam skripsi ini adalah: Bagaimana konsep pendidikan Islam persfektif Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan relevansinya dengan kurikulum 13 tingkat SLTP. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui konsep pendidikan Islam dalam persfektif Syed Al-Naquib Al-Attas dan relevansinya dengan kurikulum 13 tingkat SLTP. Jenis penelitian ini merupakan kajian pustaka (library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik literatu. Sedangkan teknik analisisnya penulis menggunakan teknik analisis data (content analysis) dengan mengumpulkan arsip-arsip. Adapun pihak yang menjadi informasi adalah buku karangan al-Attas, jurnal, dan referensi yang lain sebagainya. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa; Pertama, Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan Kurikulum 13 tingkat SLTP adalah suatu penanaman adap dalam diri manusia, serta menciptakan insan kamil dan menjadikan manusia yang paripurna. Kedua,Kurikulum 13 lebih mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan yang berkarakter, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa dituntut untuk paham atas materi serta siswa harus aktif berdiskusi dan mampu berpresentasi serta memilki sopan santu dan disiplin tinggi. Ketiga, Relevansinya Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Attas dengan Kurikulum 13 tingkat SLTP terdapat pada sama- sama bertujuan dalam pengembangan potensi dan keaktipan peserta didik. Metode pendidikan Islam menurutnya ada tiga: yaitu metode tauhid, metode metafora dan cerita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Islam, Al-Attas, Kurikulum 13. | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 09:21 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 09:21 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1064 |
Actions (login required)
View Item |