Strategi Inkuiri pada Guru Pai dalam Melatih Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Pasca Pembelajaran Online di Sdit Al-Qudwah Musi Rawas

Istiqomah, Indah and Mustar, Saidil and Gunawan, Guntur (2021) Strategi Inkuiri pada Guru Pai dalam Melatih Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Pasca Pembelajaran Online di Sdit Al-Qudwah Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Skripsi Indah Istiqomah.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Pada saat sekolahan menerapkan pembelajaran online atau dirumah dengan menggunakkan jaringan internet, siswa tidak sepenuhnya memahami materi yang diberikan oleh guru, ketika mengerjakan tugas juga dibantu dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya, sehingga saat sekolah menerapkan sistem pembelajaran secara langsung atau tatap muka disekoalahan, siswa sudah terbiasa dengan bantuan dari orang lain sehingga siswa memiliki kemandirian belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi inkuiri pada guru PAI dalam melatih kemandirian belajar siswa kelas IV pasca pembelajaran online di SDIT Al- Qudwah Musi Rawas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengumpulkan data secara langsung. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta subyek yang terlibat yaitu guru PAI kelas IV, waka kurikulum dan siswa kelas IV. Apabila data yang diperlukan sudah terkumpul, maka data tersebut dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa pertama sebelum menggunakan strategi inkuiri kemandirian belajar siswa kelas IV yaitu rendah (siswa tidak aktif dikelas dan tidak sepenuhnya memahami kewajibannya sebagai peserta didik). Kedua strategi inkuiri yang digunakan guru PAI dalam melatih kemandirian belajar siswa kels IV yaitu dengan orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, merumuskan kesimpulan (memberikan responsive yang baik, memberikan gambaran inti, membiarkan siswa bereksplorasi, menyimpulkan secara bersama-sama). Ketiga faktor penghambat guru PAI dalam melatih kemandirian belajar siswa dengan menggunakan strategi inkuiri yaitu ada, (faktor tersebut berasal dari dalam diri siswa itu sendiri seperti kebiasaan belajar, motivasi dan sikap siswa). Keempat kemandirian belajar siswa setelah menggunakan strategi inkuiri yaitu lebih membaik dari sebelumnya (siswa aktif dikelas dan memahami kewajibannya sebagai peserta didik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Istiqomah, IndahUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Inkuiri, Kemandirian Belajar Siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:20
Last Modified: 20 Feb 2023 09:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item