Analisis Proses Pembelajaran Micro Teaching dengan Menggunakan Video Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Fitriya, Anggun and Warsah, Idi and Siswanto, Siswanto (2021) Analisis Proses Pembelajaran Micro Teaching dengan Menggunakan Video Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SKRIPSI ANGGUN FITRIYA.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandemi Covid-19 yang menjadi pemicu munculnya kebijakan pembelajaran online sesuai dengan Surat Edaran Nomor: 0420/In.34/WR.I/PP.00.9/03/2020 tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan IAIN Curup. Oleh karena itu, pembelajaran Micro Teaching di PAI IAIN Curup memanfaatkan video sebagai media pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Micro Teaching dengan menggunakan video secara daring pada masa pandemi di PAI IAIN Curup. Serta faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran Micro Teaching dengan menggunakan video secara daring pada masa pandemi di PAI IAIN Curup. Jenis penelitian ini adalah penelitian field researh dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Micro Teaching kelas 6A, 6B, dan 6C di Program Studi PAI IAIN Curup angkatan 2017 dengan tehnik penentuan sampel simple random sampling 26 % dari 78 orang. Kesimpulan dari penelitian ini pertama, proses pembelajaran Micro Teaching dengan menggunakan video secara daring pada masa pandemi di PAI IAIN Curup adalah membuat RPP, menyiapkan media, menyiapkan kamera, mencari rekan untuk menjadi murid dan juru kamera, melakukan perekaman praktik, mengedit video, mengunggah ke You Tube, membagi tautan ke grup kelas, evaluasi melalui mengkritik dalam grup WhatsApp kelas. Dilanjutkan dengan melakukan diskusi di Zoom Meeting pada 3 atau 4 minggu sekali. Kedua, Faktor pendukung secara internal adalah kemauan individu dan motivasi untuk menyelesaikan studi. Secara eksternal adalah fasilitas yang memadai; signal yang stabil; teknologi yang semakin berkembang dan kebijakan pembelajaran online. Sedangkan faktor penghambat secara internal adalah kurangnya kemampuan mengedit yang dimiliki mahasiswa dan ketidakdisiplinan mahasiswa. Secara eksternal adalah signal yang tidak stabil; kuota yang boros; fasilitas yang tidak memadai dan membutuhkan ruang memori penyimpanan yang berkapasitas besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fitriya, AnggunUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Micro Teaching, Media Video
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:18
Last Modified: 20 Feb 2023 09:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item