Motivasi Nasabah dalam Pembiayaan Murabahah di BMT Rukun Abadi Curup

Hamdansyah, Hamdansyah and Elkhairati, Elkhairati and Andriko, Andriko (2019) Motivasi Nasabah dalam Pembiayaan Murabahah di BMT Rukun Abadi Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
.MOTIVASI NASABAH DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT RUKUN ABADI CURUP.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu lembaga keuangan syari’ah yang dapat mendistribusikan akad murabahah adalah BMT Rukun Abadi Curup salah satunya. BMT memiliki jumlah nasabah begitu bayak sekitar 500 lebih dari Curup maupun di kabupaten lainnya, BMT juga memiliki banyak aneka ragam tabungan maupun pembiayaan seperti sewa mudharabah dan murabahah. Yang menggunakan pembiyaan murabahah itu hanya 20 orang dan selebihnya menggunakan simpanan tabungan. Dengan kepuasan nasabah tersebut terhadap kebijakan BMT maka timbulnya motivasi (pendorong) untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar tergerak hatinya melakukan sesuatu sehingga tercapai tujuan yang diinginkan dan di balik motivasi tersebut ada faktor tertentu sehingga nasabah tertarik dengan pembiayaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) motivasi nasabah dalam pembiayaan Murabahah dan 2) kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan pembiayaan Murabahah yang digunakan yang menyebabkan nasabah itu termotivasi dalam penggunaan pembiyaan di BMT Rukun Abadi Curup. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskritif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah nasabah BMT Rukun Abadi Curup. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, misalnya orang tersebut yang dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Kesimpulan yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini motivasi nasabah dalam pembiyaan di BMT rukun Abadi 1) faktor yang mempengaruhi nasabah sehingga termorivasi (tedorong) untuk melakukan pembiayaan sehingga mempengaruhi nasabah antara lain: agama yaitu berdasarkan agama yang dianutnya, maka nasabah takut mengkonsumsi atau sesuatu yang akan digunakan, Berdasarkan larangan dan perintah dalam agama yang dianutnya, Seperti riba, dorongan pribadi, yaitu BMT dapat memenuhi kebutuhan dalam kehidupan, promosi yang dilakukan membuat nasabah ingin melakukan pembiayaan yaitu mendatangi nasabah dan memberi brosur, dan psiklogi merupakan Sebagian dari pengaruh lingkungan dimana ia tinggal sehingga ia yakin bisa membantunya. 2) kendala yang di hadapi BMT Rukun Abadi terkait risiko pembayaran seperti telat membayar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hamdansyah, HamdansyahUNSPECIFIED
Elkhairati, ElkhairatiUNSPECIFIED
Andriko, AndrikoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Murabahah BMT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:18
Last Modified: 20 Feb 2023 09:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item