Filenti, Elkin and Harmi, Hendra and Fathurrohman, Irwan (2025) Model Pembelajaran Taḥsin dan Taḥfiẓ Al-Qur’ān Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Dan Hafalan Santri di Pesantren Daarul Mubarok Curup (DMC). Doctoral thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Disertasi Elkin Full.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari keunggulan yang dimiliki Pesantren Daarul Mubarok Curup (DMC) dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an yakni mengutamakan kualitas bacaan dan hafalan dari pada kuantitas, memiliki guru bersanad dan merujuk pada pembelajaran taḥsin dan taḥfiẓ Al-Qur’ān internasional yang sanad gurunya bersambung sampai kepada Rasulullah SAW, sehingga santri di Pesantren tersebut memiliki bacaan yang fasih dan benar serta hafalan yang lancar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan case study. Informen penelitian ini adalah kepala yayasan pesantren, kepala pesantren, ustadzah pengajar taḥsin dan taḥfiẓ Al-Qur’ān, dan santri di Pesantren DMC. Teknik penentuan informen adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian di Pesantren Daarul Mubarok Curup (DMC) menunjukkan bahwa; model pembelajaran taḥsin Al-Qur’ān adalah dengan model pembelajaran secara langsung (Direct Instructional) dan pembelajaran tahfizh Al-Qur’ān adalah dengan Model Mutqin dengan sintaks; tahsin mempelajari makhrojul huruf, sifatul huruf, tajwid dan mad, sintaks; tahfizh menddahulukan muraja’ah, sistem sosial; mengajar dengan sabar dan toleransi terutama pada santri yang berkebutuhan kuhsus dengan tidak menetapkan target jumlah minimal hafalan, prinsip reaksi: guru mengajarkan, guru mempraktikkan lalu santri mengikuti bersama-sama, yang masih belum benar maka latihan (tadrib) dengan disimak temannya yang sudah benar. Seistem pendukung: pendekatan; teologis dan psikologis, strategi; mengajar merujuk pada pembelajaran tahsin dan tahfizh internasional yang sanad gurunya bersambung sampai kepada Rasulullah SAW, metode; tahsin metode tilawati, tahfizh metode murojaah, tasmi’, sambung ayat dan uji publik, teknik; pengucapan sesuai matan jazary, tak-tik; tahsin dengan tadrib yakni latihan bacaan berulang-ulang, tak-tik; tahfizh dengan tikrar yakni mengulang-ulang hafalan hingga hafalan lancar serta dampak; santri mengetahui bagaimana cara membaca dan menghafal dengan benar serta menerapkannya, memiliki kemampuan mengajarakan kepada keluarga dan masyarakat, istiqomah, serta mampu menjadi imam solat.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Tahsin dan Tahfizh, dan Meningkatkan Kualitas Bacaan dan Hafalan. | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 09:07 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 09:07 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |