Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas 1 SDN 79 Rejang Lebong

Januariski, Gustiana and Kurniawan, Kurniawan and Kumara Dewi, Jauhari (2025) Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas 1 SDN 79 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
GUSTIANA JANUARISKI.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK GUSTIANA JANUARISKI, NIM. 21591084 "Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas 1 SDN 79 Rejang Lebong", Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter peduli lingkungan siswa pada lingkungan sekitar mereka, guru masih belum optimal dalam memberikan pemahaman karakter peduli lingkungan, P5 dapat menjadi salah satu cara yang bisa digunakan oleh guru untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa, seperti membuat kotak sampah mini dari koran bekas sehingga siswa akan mulai memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar di mulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar siswa. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 1 SD 79 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan P5 pada siswa kelas 1 SDN 79 Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui bagaimana karakter peduli lingkungan pada siswa kelas 1 SDN 79 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui apakah kegiatan P5 Berpengaruh pada pengembangan karakter peduli lingkungan siswa kelas 1 SDN 79 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah OneGrub Pretest-posttest design. Dalam kegiatan uji coba tidak menggunakan kelompok kontrol, desain ini dilakukan dengan membandingkan has pretest dan posttest pada kelompok yang diuji cobakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan P5 di SDN 79 Rejang Lebong dilaksanakan di luar mapel tetapi jamnnya dari kombinasi gabungan mapel, pelaksanaan P5 itu 7 jam dalam seminggu dan menghasilkan 1 produk pada satu semester. 2) Sebelum dilakukan penelitian karakter peduli lingkungan siswa di SDN 79 Rejang Lebong cukup rendah terlebih pada siswa kelas 1 SDN 79 Rejang Lebong, namun setelah diterapkannya kegiatan P5 berupa kotak sampah mini karakter peduli lingkungan pada siswa kelas 1 SDN 79 Rejang Lebong menjadi lebih meningkat. 3) Berdasarkan uji paired samples t-test yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwasanya kegiatan P5 berpengaruh pada pengembangan karakter peduli lingkungan siswa. Kata Kunci: Kegiatan P5, Karakter Peduli Lingkungan siswa, Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Januariski, Gustianagustiana.mhs@iaincurup.ac.id
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Kumara Dewi, Jauharijauharikumaradewi@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kegiatan P5, Karakter Peduli Lingkungan siswa, Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ikhsan Ps
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:43
Last Modified: 23 Jul 2025 08:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8647

Actions (login required)

View Item View Item