Julia Sari, Windy and Khair, Ummul and Iskandar, Zelvi (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V Mim 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI WINDY JULIA SARI docx.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Windy Julia Sari, NIM, 21591237 “Pegaruh Metode Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIM 10 Karang Anyar”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Berisikan latar belakang dan tujuan penelitian terdahulu. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar, penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui pengaruh hasil belajar IPAS kelas V sebelum menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture ; 2) mengetahui pengaruh hasil belajar IPAS kelas V sesudah menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture; 3) mengetahui pengaruh metode pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar. Berisikan tentang metodologi penelitian terdahulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain kuasi experimen nonequivakent control grup design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V, yang dibagi menjadi dua kelas , yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Dari hasil proses penerapan metode pembelajaran terdapat perbedaan antara nilai pretest dan postest yang dimana nilai postest lebih baik, artinya terdapat peningkatan kognitif siswa setelah diberi perlakuan; 2) setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol, Hasil belajar posttest bahwa pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture dalam proses pembelajarannya, memiliki hasil yang lebih baik; 3) berdasarkan uji hipotesis uji independent t test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,002 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh metode Picture and Picture (Variable X) terhadap hasil belajar (Variable Y) dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:08 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:08 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |