Peran Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Lembaga di SMP Negeri 13 Rejang Lebong

Anggraini, Anggun Citra and Bahri, Syaiful and Siswanto, Siswanto (2024) Peran Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Lembaga di SMP Negeri 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
FULLTEXT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Studi ini didorong oleh pentingnya peranan hubungan masyarakat dalam upaya membangun reputasi suatu institusi, karena sektor pendidikan saat ini sedang melakukan modernisasi struktur kurikulum melalui penerapan kurikulum merdeka. Tujuan utama dari studi ini ialah untuk mengetahui peranan manajemen humas dalam meningkatkan citra institusi SMP Negeri 13 Rejang Lebong. Selanjutnya tujuannya adalah untuk mengidentifikasi langkah-langkah efektif untuk meningkatkan citra kelembagaan SMP Negeri 13 Rejang Lebong. Selain itu tujuannya adalah untuk mengetahui outcome yang berkaitan dengan citra institusi di SMP Negeri 13 Rejang Lebong. Studi ini menggunakan desain studi lapangan kualitatif dan metodologi deskriptif untuk mengkaji dan menjelaskan manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra institusi SMP Negeri 13 Rejang Lebong. Partisipan pada studi ini meliputi kepala sekolah, kepala humas, siswa, dan orang tua. Sementara itu, metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, strategi yang digunakan untuk analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penurunan temuan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peran manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra lembaga yaitu meliputi : menjadi seorang komunikator, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. 2) Strategi manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra lembaga yaitu meliputi : Strategi Opersional, Pendekatan Kerjasama, Pendekatan koordinatif dan integrative, dan mempersiapkan lulusan yang berkualitas agar dapat menyediakan kebutuhan masyarakat. 3) Hasil citra lembaga yang ada di sekolah tersebut yaitu meliputi : Kepercanyaan masyarakat terhadap sekolah, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, dan memperbaiki kualitas pendidikan. Kunci : Manajemen, Hubungan Masyarakat, Citra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, Anggun Citraanggunanggraini@students.iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:44
Last Modified: 12 Aug 2024 08:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7314

Actions (login required)

View Item View Item