Efektivitas Media Pembelajaran Time Flower Terhadap Hasil Belajar (Study Quasi Experiment Pada Pelajaran Matematika Tema Waktu di SD Literasi Qur'ani)

Anisa, Tri and Gunawan, Guntur and Amrillah, H.M Taufik (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Time Flower Terhadap Hasil Belajar (Study Quasi Experiment Pada Pelajaran Matematika Tema Waktu di SD Literasi Qur'ani). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TIME FLOWER TERHADAP HASIL BELAJAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal pembelajaran di kelas I cenderung menggunakan metode konvensional dan Penugasan di buku cetak, sehingga siswa monoton dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa pun bisa dikarenakan oleh pembelajaran yang kurang efektif dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan awal matematika siswa kelas I SD Literasi Qur’ani, kemudian untuk mengetahui perbedaan rata-rata yang signifikan di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas I SD Literasi Qur’ani dan untuk mengetahui efektivitas hasil belajar matematika SD Literasi Qur’ani dalam menggunakan media Time Flower. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi experiment design. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan dokumentasi, dengan sampel penelitian siswa kelas I Umar Bin Khattab sebagai kelas eksperimen dan kelas I Abu Bakar sebagai kelas kontrol di SD Literasi Qur’ani tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 39 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, uji t dan uji N-Gain dengan bantuan aplikasi Statistical Package For Sosial Sciences (SPSS) versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media Time Flower dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media Time Flower. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tabel uji t diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diartikan ada pengaruh penggunaan media Time Flower dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I Umar Bin Khattab dan kelas I Abu Bakar di SD Literasi Qur’ani Rejang Lebong. Kemudian dapat disimpulkan juga bahwa Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat efektivitas pembelajaran yang menggunakan media Time Flower dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil uji N-Gain bahwa pada kelas I Umar Bin Khattab (eksperimen) yang menggunakan Time Flower mendapatkan nilai rata-rata yaitu 57,99 yang dikategorikan cukup efektif, sedangkan pada kelas I Abu Bakar (kontrol) yang menggunakan metode konvensional rata-ratanya 32,75 yang dikategorikan tidak efektiff. Kata kunci : Time Flower dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anisa, Tritrianisa.mhs@iaincurup.ac.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:47
Last Modified: 31 Jul 2024 08:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7162

Actions (login required)

View Item View Item