Upaya Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al -Qur’an Santriwati Pondok Pesantren Al-Haromain Muara Enim

Riskia, Salawatur and Masudi, Masudi and Zakiyah, Zakiyah (2024) Upaya Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al -Qur’an Santriwati Pondok Pesantren Al-Haromain Muara Enim. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
full text.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Program pendidikan Agama Islam dibeberapa sekolah pada umumnya meliputi tahfizd Al-Qur’an, tilawah, muhadaroh, tahsin dan tadarus Al-Qur’an. Salah satu kegiatan membaca Al-Qur’an yang ada dipondok pesantren al-Haromain yaitu tadarus Al-Qur’an. Dipondok pesantren Al-Haromain masih banyak santriwati yang belum mampu dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Kemudian ada juga santriwati yang masih terbata – bata, bahkan masih ada santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Dipondok pesantren Al-Haromain ini terdiri dari kelas tamhidi sampai kelas enam pondok dan ternyata di kelas tamhidi ini masih banyak yang belum mampu membaca Al-Qur’an.sehinggah peneliti tertarik dengan judul Upaya ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santriwati pondok pesantren Al- Haromain muara enim. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan pondok, ustadzah dan santriwati pondok pesantren Al-Haromain dikelas tamhidi A. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi dengan teknis analisis data berupa: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pertama: Kondisi kualitas membaca Al-Qur’an santriwati pondok pesantren Al-Haromain memperoleh hasil bahwa santriwati masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’an dan belum memperaktikan ilmu tajwidnya kedalam bacaan Al-Qur’an. Ada juga santriwati yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an bagi santriwati yang sudah dinyatakan bisa membaca Al-Qur’an hanya sekedar bisa saja belum bisa menerapkan kaidah ilmu tajwid. Kondisi santriwati belum semuanya bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar sesuai dengan tajwid yang benar karena masih ada yang belum konsisten dalam membaca ilmu tajwidnya terutama pelapazan makharajul huruf. Kedua Upaya ustadzah dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santriwati pondok pesantren Al-Haromain ada empat pengajaran tajwid, Pelatihan kelompok, Pemberian motivasi, Latihan pembiasaan. Kata kunci : Upaya, Membaca Al-Qur’an, Pondok Pesantren al-Haromain

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Riskia, Salawatursalawatur.mhs@iaincurup.ac.id
Masudi, Masudimasudi@iaincurup.ac.id
Zakiyah, Zakiyahzakiyah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:39
Last Modified: 17 Jul 2024 03:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6687

Actions (login required)

View Item View Item