Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV SDN 04 Rejang Lebong

Marsanda, Marsanda and Rahman, Abdul and Siswanto, Siswanto (2024) Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV SDN 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala dalam hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan guru masih menggunakan metode ceramah, tanpa menggunakan alat atau media pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa lebih cepat bosan dan pembelajaran berlangsung terasa monoton, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah atau belum mencapai batas KKM. Penelitian ini menggunakan metode berjenis kuantitatif berdesign quasy eksperimen (eksperimen semu). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 90 siswa, dari 3 kelas IV, yaitu kelas IV D sebagai kelas eksperimen, kelas IV B sebagai kelas kontrol,dan kelas IV C sebagai kelas validasi soal. Sampel dari penelitian ini berjumlah 60 siswa, yaitu kelas IV D kelas eksperimen, dan kelas IV B kelas kontrol. Penelitian ini diuji dengan normalitas,homogenitas, dan uji independent sampel test untuk mengetahui pengaruh terhadap penggunaan Media Poster tersebut. Kesimpulan penelitian ini, yaitu. Pertama, terdapat perebedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 6,505. Sedangkan nilai ttabel untuk α = 0,05 delngan df = 58, belrarti thitung > ttabell (6.505 > 2.001), delngan delmikian H0 ditolak dan Ha ditelrima. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap preltelst dan posttelst pada kellas elkspelrimeln, dikeltahui nilai Sig. (2-taileld) adalah selbelsar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha ditelrima. Dengan jumlah rata-rata kelas pretest eksperimen 44,35 sedangkan posttest eksperimen 63,50. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan Media Poster (variable X) terhadap hasil belajar (variable Y) dalam meningkatkan Hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SDN 04 Rejang Lebong. Kata Kunci : Media Poster, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marsanda, Marsandamarsanda.mhs@iaiancurup.ac.id
Rahman, Abdulabdurahman@iaincurup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:20
Last Modified: 16 Jul 2024 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6626

Actions (login required)

View Item View Item