DESIANI, SINTA and Mabrursyah, Mabrursyah and Habiburrahman, Habiburrahman (2024) Penerapan pelayanan bpjs undang-undang nomor 24 tahun 2011 pasal 3 dan 4 ditinjau maqasid syariah. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Text
Skripsi Sinta Desiani.pdf Download (55MB) |
Abstract
PENERAPAN PELAYANAN BPJS UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 PASAL 3 DAN 4 DALAM MAQASID SYARIAH (Studi Kasus Puskesmas Desa Muara Langkap Kec. Bermani Ilir Kab.Kepahiang) Abstrak BPJS adalah singkatan dari badan penyelenggaraan jaminan sosial yaitu lembaga khusus yang bertugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi masyarakat, PNS, serta pegawai swsata. Program ini mulai di selenggarakan pada tahun 2014 melalui dasar hukum undang-undang Nomor 24 tahun 2011. Tetapi dalam penerapan dan pelaksanaan pelayanan BPJS Dipuskesmas Muara Langkap belum berjalan secara optimal, Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pelayanan BPJ Dipuskesmas Implementasi Pasal 3 dan 4 Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 Ditinjau Dari Maqasid Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitataif dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif analisis yakni memberikan gambaran terhadap masalah yang akan diteliti dengan menguraikan fakta-fakta yang ada sehingga dapat ditarik menjadi kesimpulan. dan juga penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan yuridis normatif dan pendekatan yuridis empiris. Kesimpulan penelitian ini adalah yang pertama, Penerapan Pelayanan di Puskesmas Desa Muara Langkap kec. Bermani Ilir. Kab. Kepahiang Terhadap BPJS Ditinjau dari Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 Pasal 3 dan 4 belum terlaksana secara optimal atau maksimal, hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu: 1)Kurangnya mengetahui adanya undang-undang tentang penerapan pelayanan BPJS; 2)kurangnya sosialisasi tentang penerapan pelayanan BPJS; 3)penerapan pasal 4 belum optimal; 4)perbedaan proses dalam pelayanan pelayanan antara pasien BPJS dengan umum. Kedua dalam tinjauan maqasid syariah belum menerapkan pelayanan yang begitu baik, pelayanan pasien BPJS kesehatan termasuk dalam kategori memelihara jiwa (Hifdzu Nafs). Kata Kunci: Penerapan, Pelayanan BPJS, Maqasid Syariah
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Pelayanan BPJS, Maqasid Syariah | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Tata Negara Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2024 05:23 | ||||||||
Last Modified: | 28 Feb 2024 05:23 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6038 |
Actions (login required)
View Item |