Efektivitas aplikasi canva terhadap Peningkatan kemampuan bernalar kritis, Mandiri dan kreatif dalam implementasi p5 Pada siswa kelas v sdn 02 rejang lebong

Botifar, Maria and Iskandar, Zelvi and Yaniah, Yaniah (2024) Efektivitas aplikasi canva terhadap Peningkatan kemampuan bernalar kritis, Mandiri dan kreatif dalam implementasi p5 Pada siswa kelas v sdn 02 rejang lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Yaniah.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi di SDN 2 Rejang Lebong bahwa anak anak Sekolah SDN 2 Rejang Lebong bahwa penggunaan handphone berlebihan pada siswa, siswa kurang mengenal aplikasi aplikasi yang bias digunakan sebagai media belajar yang menarik, selain itu siswa masih kurang pandai dalam mendesain grafis (gambar ketika membuat poster, iklan dan lain lain peneliti melihat bahwa penggunaan handphone pada pembelajaran kelas V biasanya hanya digunakan sebagai media untuk mencari sumber informasi, gambar danvideo ketika ada tugas yang diberikan pada siswa, siswa banyak yang belum mengenal aplikasi canva ternyata bias dijadikan media dalam melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan mudah dipahami dalam pengunaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelmampuan belrnalar kritis, mandiri dan krelatif siswa selbellum melnggunakan aplikasi canva disiswa kellas V SDN 02 Rejang Lebong (2) kelmampuan belrnalar kritis, mandiri, dan krelatif siswa setelah menggunakan aplikasi canva di kelas V SDN 02 Rejang Lebong (3) elfelktivitas aplikasi canva terhadap kelmampuan belrnalar kritis, mandiri, dan kreatif siswa kellas V di SDN 02 Reljang Lelbolng. Pelnellitian ini melnggunakan pelndelkatan kuantitatif delngan jelnis pelnellitian melnggunakan meltoldel surveli. Pelngumpulan data dilakukan mellalui angkelt atau kuelsiolnelr delngan polpulasi 107 siswa. Sampell telrdiri dari 30 siswa dari 15 laki-laki dan 15 pelrelmpuan. Teknik analisis data dengan uji dan uji N Gain Skor. Hasil pelnellitian yang di pelrollelh adalah: (1) kelmampuan belrnalar kritis, mandiri dan krelatif siswa selbellum melnggunakan aplikasi canva disiswa kellas V yaitu dikatelgolrikan seldang delngan dibuktikan delngan nilai rata-rata delngan skolr selbelsar 0,767; (2) seltellah melnggunakan aplikasi canva siswa kellas V melngalami pelrubahan delngan dibuktikan dari pelrollelhan rata-rata seltellah yaitu selbelsar 0,819; maka pelningkatan telrhadap kelmampuan belrnalar kritis, mandiri, dan krelatif siswa selbelsar 0,052, delngan hasil yang tellah dilaksanakan; dan (3) telrdapat elfelktivitas bahwasanya melnggunakan aplikasi canva elfelktif digunakan untuk pelningkatan kelmampuan belrnalar kritis, mandiri, dan krelatif dalam implelmelntasi P5 pada siswa kellas V di SDN 2 Reljang Lelbolng. Dibuktikan dari uji hipoltelsis dari akumulasi perhitungan dengan SPSS diketahui delngan nilai sig (2-taileld) selbelsar 0,000 dimana artinya lelbih kelcil dari 0,05 belrarti pelnggunaan aplikasi canva dapat dikatakan elfelktif. Selanjutnya nilai rata rata N GainScore adalah sebesar 63,80 diperoleh dari jumlah nilai N Gain semua peserta didik yang mengikuti pengisian angket bagi jumlah semua peserta didik kali 100%, termasuk dalam kategori efektivitas yang tinggi. Kata Kunci : Efektivitas, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Rekayasa Dan Teknologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Iskandar, ZelviZelvi.is89@gmail.cpm
Yaniah, Yaniahyaniah@students.iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:33
Last Modified: 26 Feb 2024 04:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item View Item