Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Inovasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nur Riska Kota Lubuklinggau

Susanti, Susi and Istan, Muhammad and Kusen, Kusen (2024) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Inovasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nur Riska Kota Lubuklinggau. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Curup.

[img] Text
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM INOVASI PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NUR RISKA KOTA LUBUKLINGGAU.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah adalah hal yang signifikan dalam menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan inovasi pendidikan. Keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah sangat ditentukan oleh gaya kepemimpinan yang diterapkan. Kepemimpinan merupakan proses seorang individu mempengaruhi sekelompok individu untuk mencapai suatu tujuan. Seorang kepala madrasah harus dapat mempengaruhi seluruh warga madrasah yang dipimpinnya melalui cara-cara yang positif untuk mencapai tujuan pendidikan di madrasah. Melihat fenomena di atas, maka peneliti terpanggil untuk mengadakan penelitian dengan fokus: Kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan di MI Nur Riska Lubuklinggau, yang meliputi: 1) Gagasan baru untuk inovasi pendidikan pada bidang Pembelajaran, dan Sarana Prasarana di MI Nur Riska Lubuklinggau; 2) Implementasi ide-ide baru di MI Nur Riska Lubuklinggau; dan 3) Pengaturan lingkungan kerja di MI Nur Riska Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi melalui sumber data manusia dan nonmanusia. Analisis dilakukan selama pengumpulan data dan sesudah semua data terkumpul. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik: standar kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Temuan dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan meliputi: 1) Gagasan baru dan inovasi pendidikan bidang pembelajaran dan sarana prasarana pada MI Nur Riska Lubuklinggau dikemas dalam bentuk program perencanaan peningkatan mutu pembelajaran dan sarana prasarana pembelajaran, yaitu program peningkatan kualitas guru melalui supervisi, penilaian kinerja, diklat, PKG dan pemberdayaan KKM dan KKG, serta pengadaan sarana prasarana penunjang pembelajaran; 2) Implementasi gagasan baru pada MI Nur Riska Lubuklinggau telah dilaksanakan dengan baik oleh semua komponen madrasah untuk kemajuan pendidikan mutu pembelajaran dan kelengkapan sarana prasarana penunjang pembelajaran di MI Nur Riska Lubuklinggau; 3) Mengatur lingkungan kerja pada MI Nur Riska Lubuklinggau dengan baik mulai dari yang berbentuk fisik dan nonfisik sehingga menjadi lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan memungkinkan para guru dan karyawan untuk dapat bekerja optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, SusiUNSPECIFIED
Istan, MuhammadMuhammadistan@iaincurup.ac.id
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Kepemimpinan, Kepala Madrasah dan Inovasi Pendidikan
Subjects: L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun5
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:34
Last Modified: 27 Feb 2024 04:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5870

Actions (login required)

View Item View Item