Pengaruh strategi type concept song terhadap kemampuan membaca siswa kelas iii di sdit rabbi radhiyya 02 curup

Herleningsi, Mutiara and Kurniawan, Kurniawan and Agita, Misriani (2024) Pengaruh strategi type concept song terhadap kemampuan membaca siswa kelas iii di sdit rabbi radhiyya 02 curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Pengaruh Strategi Type Concept Song Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Curup.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK MUTIARA HERLENINGSI 20591124 ”Pengaruh Strategi Type Concept Song Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Curup”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan sebelum dan sesudah penggunaan strategi type concept song terhadap kemampuan membaca siswa kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Curup. Strategi type concept song merupakan sebuah cara yang digunakan untuk membantu seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan sebuah pembelajaran atau materi kepada peserta didik sehingga menciptakan perubahan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa contohnya pada kemampuan membaca. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperiment yaitu, Pre-Eksperimental one grup pretest-posttest. Dalam kegiatan uji coba, penelitian ini tidak menggunakan kelompok control. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Curup sebanyak 69 orang. Sedangkan Sampel yang digunakan adalah siswa kelas III-B sebanyak 20 orang. Adapun teknik analisis data yang dipakai yaitu menggunakan persyaratan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T-test, yaitu nilai t pada tabel menunjukkan bahwa nilai thitung yaitu -6,326 dengan n=20. Sedangkan ttabel untuk n=20 dengan taraf signifikan yaitu α = 0,05 sebesar 1,725. Dengan demikian, nilai thitung = 6,326 tabel ≥ 1,725. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji Paired Sample T-test dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan melalui Pengaruh Strategi Type Concept Song Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Curup. Kata Kunci : Strategi Type Concept Song, Kemampuan Membaca Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Herleningsi, MutiaraUNSPECIFIED
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Agita, Misrianiagita_misriani@yahoo.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:59
Last Modified: 26 Feb 2024 01:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item