Strategi Guru Pai Dalam Mengelola Kelas Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif di SDN 19 Kelas 5 Kepahiang

Agustiawan, Dimas and Ifnaldi, Ifnaldi and Cikdin, Cikdin (2023) Strategi Guru Pai Dalam Mengelola Kelas Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif di SDN 19 Kelas 5 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DIMAS AGUSTIAWAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Guru PAI dalam mengelola kelas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, untuk mengetahui strategi Guru PAI dalam mengelola kelas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Guru PAI dalam mengelola kelas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif di SDN kelas 5 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI, Wali kelas, Guru TU serta Siswa. Dengan pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pelaksanaan pengelolaan Guru PAI dalam mengelola kelas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif meliputi: kegiatan awal kondisi seperti Psikisnya, lingkugan belajar apakah sudah bersih dari sampah apa belum, lalu kesiapan belajarnya seperti siswa di suruh menyiapkan alat tulis. Dan juga diawal pembelajaran siswa/I diabsen terlebih dahulu dan setelah itu mereka diajak untuk ber Ice Breaking. Strategi Guru PAI dalam mengelola kelas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif memuat beberapa indikator yaitu: Strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran melalui pengalaman. Faktor pendukung dan penghambat Guru PAI dalam mengelola kelas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif meliputi: Faktor pendukung, adanya fasilitas belajar yang mendukung seperti Wifi, infokus, ruang kelas untuk belajar serta buku yang sudah tersedia diperpustakaan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih banyak siswa/I yang kurang termotivasi untuk belajar, masih banyak siswa/I yang suka ribut dan masih banyak siswa/I yang suka mengobrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustiawan, Dimasdimasagustiawan905@gmail.com
Ifnaldi, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:24
Last Modified: 11 Aug 2023 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item