Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Pembentukan Karakter Curiosity dan Responsibility di SD N 88 Lebong

Sandari, Reti and Khair, Ummul and Hartati, Meri (2023) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Pembentukan Karakter Curiosity dan Responsibility di SD N 88 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI RETI SANDARI(19591178).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER CURIOSITY DAN RESPONSIBILITY DI SD N 88 LEBONG Oleh : Reti Sandari NIM. 19591178 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya karakter rasa ingin tahu siswa yang lebih cenderung diam saat mengamati sesuatu dan tanggung jawab siswa mengenai tugas kelompok belum optimal, di samping itu ada sebagian dari siswa kurang tepat waktu dalam mengumpulkan tugas. Salah satu cara yang digunakan untuk memunculkan karakter curiosity (ingin tahu) dan responsibility (tanggung jawab) pada siswa melalui penerapan metode outdoor learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode outdor learning terhadap pembentukan karakter curiosity dan responsibility di SD N 88 Lebong. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jenis penelitian yang digunakan survey lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosentase dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 20. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Penerapan metode outdor learning di SD N 88 Lebong tergolong cukup baik. 2) Berdasarkan tabel hasil perhitungan diperoleh angka r hitung 0,511> r tabel 0,468 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode outdor learning berpengarung terhadap karakter curiosity serta memiliki korelasi yang sedang. Serta ada pengaruh metode outdoor leraning terhadap karakter curiosity. Hal ini berdasarkan perhitungan dari regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,021<0,05. 3) Berdasarkan tabel hasil perhitungan diperoleh angka r hitung 0,645> r tabel 0,468 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning berpengarung terhadap karakter responsibility serta memiliki korelasi yang sedang. Serta ada pengaruh metode outdoor lerning terhadap karakter responsibility. Hal ini berdasarkan perhitungan dari regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05. 4) Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pearson correlation diperoleh nilai signifikasinya 0,023 < 0,05, maka antara karakter curiosity dan responsibility itu berkorelasi. Sedangkan berdasarkan nilai pearson correlation diperoleh nilai 0,506 yang benilai positif dan memiliki hubungan korelasi yang sedang. Kata Kunci : Metode Outdoor Learning, Curiosity, Responsibility.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sandari, Retiretisandari11@gmail.com
Khair, Ummulummulkhair@iaincurup.ac.id
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:59
Last Modified: 28 Jul 2023 02:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4021

Actions (login required)

View Item View Item