Antika, Sendy and Rodin, Rhoni and Marleni, Marleni (2023) Hubungan Komunikasi Interpersonal Pustakawan di UPT Perpustakaan IAIN Curup Terhadap Kepuasan Layanan. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Text
SENDY ANTIKA 28.pdf Download (2MB) |
Abstract
HubunganKomunikasi Interpersonal Pustakawan di UPT Perpustakaan IAIN Curup Terhadap Kepuasan Layanan Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara komunikasi interpersonal antara pustakawan dan pemustaka di UPT Perpustakaan IAIN Curup. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada pemustaka, dan analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa pustakawan memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang tinggi, dengan tingkat persetujuan yang signifikan terhadap pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan pelayanan dan respon terhadap pemustaka. Selain itu, analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal antara pustakawan dan kepuasan pemustaka. Dalam uji validitas seluruh butir soal memiliki r hitung > 0.632 sehingga seluruh butir soal adalah valid. Sedangkan Hasil Uji Reabililtas pada Variabel Komuikasi Interpersonal (X) Nilai Alpha 0.932 dan Variabel Kepuasan Pemustaka (Y) Nilai Alpha 0.910 sehingga menghasilkan Reliabilitas Mencukupi. Untuk Skor Rata-Rata Komunikasi Interpersonal (X) menghasilkan 8 butir soal dengan skor sangat tinggi dan dua butir soal memiliki skor tinggi. Sedangkan untuk Skor Rata-Rata Kepuasan Pemustaka (Y) menghasilkan 4 butir soal dengan skor sangat tinggi dan dua butir soal memiliki skor tinggi. Selain itu, dari hasil analisis korelasi (r) didapat korelasi antara Variabel Komuikasi Interpersonal (X) dengan Kepuasan Pemustaka (Y) adalah 0,845. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara Komuikasi Interpersonal (X) dengan Kepuasan Pemustaka (Y). Pada uji hipotesis, hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal antara pustakawan dan pemustaka, dengan penolakan terhadap hipotesis nol yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara kedua variabel tersebut. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara pustakawan dan pemustaka memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kepuasan pemustaka. Pustakawan perlu mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal mereka agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pemustaka. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan yang berharga bagi pengembangan pelayanan perpustakaan di UPT Perpustakaan IAIN CURUP. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Pemustaka,Pustakawan
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:36 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:36 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3947 |
Actions (login required)
View Item |