Strategi Komunikasi Majelis Ulama Indonesia Dalam Menyosialisasikan Fatwa Di Kabupaten Rejang Lebong

Hidayah, Lilis (2019) Strategi Komunikasi Majelis Ulama Indonesia Dalam Menyosialisasikan Fatwa Di Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Strategi Komunikasi Majelis Ualama Indonesia dalam Menyosialisasikan Fatwa di Kabupaten Rejang Lebong.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Kabupaten Rejang Lebong terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama dan kultur yang berbeda. Namun dalam hal Agama, peribadatan dan hukum-hukum yang menaungi tentu hanya bisa disandingkan tanpa adanya persatuan. Sangat menarik tentunya ketika ada sebuah lembaga yang bisa mempersatukan segala perbedaan tersebut. Adalah Majelis Ulama Indonesia, kemudian menjadi satu-satunya stekholder yang mempunyai fungsi dan peran dalam menjawab permasalahan tersebut. Masalah utama penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi dengan penyampaian lisan dan tulisan, berdasarkan penyampaian langsung dan tidak langsung dari Majelis Ulama Indonesia dalam menyosialisasikan fatwa di Kabupaten Rejang Lebong serta hambatan-hambatan yang dilalui oleh Majelis Ulama Indonesia. Penelitian ini, berusaha mengorek informasi mengenai tahapan-tahapan strategi yang digunakan oleh Majelis Ulama Indonesia dalam menghadapi masyarakat Kabupaten Rejang Lebong yang sangat kaya dengan kultur serta budaya. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Rejang Lebong beserta para jajarannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Rejang Lebong dalam menyosialisasikan fatwanya. Dalam mengumpulkan data penulis melakukan metode observasi, wawacara, dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Rejang Lebong adalah dengan dua cara, yakni secara langsung, yakni melalui tabligh akbar, pengajian juga melalui mimbar-mimbar Jum‟at. Sedangkan secara tidak langsung, dilakukan melalui group-group whatsapp, facebook dan web. Dan tahapan strategi yang dilakukan yakni melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Sedangkan hambatan yang diperoleh yakni sebatas terkendala jarak dan waktu, serta masyarakat yang kadang sulit untuk menghadiri undangan untuk mendapatkan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hidayah, LilisUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKomalasari, BaktiUNSPECIFIED
ReviewerCikdin, CikdinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi; Komunikasi; Majelis Ulama Indonesia; Fatwa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:20
Last Modified: 25 Oct 2019 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item