Pengembangan Modul Berbasis Saintifik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Siswa Kelas V SDN 81 Rejang Lebong

rahmadaniar, putri and Rahmi Nasutiom, Aida and Yulizah, Yosi (2022) Pengembangan Modul Berbasis Saintifik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Siswa Kelas V SDN 81 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Sumber belajar yang terintegrasi dengan nilai- nilai Islam sangat diperlukan untuk mendukung aktivitas belajar mengajar, supaya penerapannya tidak terdapat pembelahan antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan universal sebab sumber dari seluruh ilmu itu merupakan satu ialah Allah SWT. Riset ini menimpa pengembangan bahan ajar materi pada modul kelas V riset ini dillakukan di SDN 81 Rejang Lebong guru dengan meggunakan bahan ajar yang diberikan oleh pihak sekolah modul ini dikembangkan untuk mengenali kelayakan modul serta reaksi siswa disaat belajar meggunakan modul. Pengembangan modul terintegrasi nilai- nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah ataupun Sekolah bawah belum terdapatnya materi pendidikan tematik yang terintegrasi dengan nilai- nilai Islam untuk kelas V. Penelitian ini memakai metode penelitian R&D dengan metode ADDIE. Prosedur pengembangan ADDIE dilakukan dengan 5 tahap ialah: tahap anlisis ialah tahap dimana penliti menganalisis sesuatu pengembangan, analisis meliputi analisis kebutuhan siswa serta guru terhadap materi yang hendak dikembangkan.Tahap perancangan berbentuk perancangan kerangka dalam bahan ajar serta penataan instrumen. Tahap pengembangan berupa proses pembuatan bahan dengan mengaitkan validator untuk memperhitungkan kelayakan materi. Tahap implementasi berbentuk uji coba produk kepada siswa. Yang terkahir merupakan penilaian produk akhir ataupun penilaian yang dicoba analisis mutu Modul. Serta terdapat tujuan untuk mengembangan ini ialah untuk menaikkan bahan ajar siswa serta untuk memandang reaksi siswa kala belajar memakai materi. Bahan ajar pendidikan yang dibesarkan lewat validasi pakar materi, pakar bahasa, pakar media untuk melihat kelayakan materi memperoleh nilai 91,66 setelah itu asepek kelayakan media memperoleh nilai 81,81 serta kelayakan nilai pakar bahasa memperoleh nilai 85,41 dapat disimpulkan modul memperoleh kirteria sangat layak untuk dugunakan untuk belajar. Hasil uji coba lapangan berdasrkan hasil angket reaksi siswa uji skla kecil memeproleh sekor 90,63 dengan kirteria sangat menarik atau dapat digunakan. bisa disimpulkan jika modul layak untuk digunakan untuk bahan ajar tambahan disekolah SDN 81 Rejang Lebong. Kata Kunci: Terintergrasi Nilai- Nilai Islam Tematik Tema Peristiwa Dalam Kehidupan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
rahmadaniar, putriputrirahmadaniar2801@gmail.com
Rahmi Nasutiom, Aidaaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosiyulizayosi@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:04
Last Modified: 08 Mar 2023 08:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item