Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Nilai Pada Siswa Tuna Rungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) I Rejang Lebong

Susrianti, Susrianti and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Dedi, Syarial (2020) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Nilai Pada Siswa Tuna Rungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) I Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI PADA SISWA TUNA RUNGU DI SLBN 1 RL.pdf

Download (23MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bertugas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri I Rejang Lebong tingkat SMP tidak dibekali dengan kemampuan pedagogik khusus dan mempunyai kompetensi yang minim tentang penyandang disabilitas berbeda dengan guru-guru yang berlatar belakang PLB (Pendidikan Luar Biasa). Timbul pertanyaan bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pada siswa tuna rungu di SLBN I Rejang Lebong terutama tingkat SMP?. Pertanyaan utama tersebut yang mendorong peneliti melakukan studi dengan lima rumusan masalah: pertama, Nilai-nilai apa saja yang menjadi skala prioritas untuk ditanamkan oleh guru PAI pada siswa tuna rungu di SLBN I Rejang Lebong tingkat SMP?, Kedua, Bagaimana guru PAI merencanakan penanaman nilai-nilai pada siswa tuna rungu di SLBN I Rejang Lebong tingkat SMP? Ketiga, Bagaimana guru PAI mengimplementasikan penanaman nilai-nilai pada siswa runa rungu di SLBN I Rejang Lebong tingkat SMP?, Keempat, Bagaiman guru PAI mengevaluasi penanaman nilai-nilai pada siswa tuna rungu di SLBN I Rejang Lebong tingkat SMP?, Kelima, Apa kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pada siswa tuna rungu di SLBN I Rejang Lebong tingkat SMP dan bagaimana guru PAI mengatasinya?. Guna menemukan jawaban tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data utama adalah guru PAI tingkat SMP dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data kemudian disimpulkan. Kesimpulan penelitian ini adalah: Pertama, Nilai-nilai yang menjadi skala prioritas untuk ditanamkan pada siswa adalah nilai kejujuran, rendah hati dan kedisiplinan. Kedua, Perencanaan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pada siswa adalah melalui pembelajaran PAI materi akidah akhlak, menggunakan bahasa isyarat, media gambar/film, apabila siswa belum memahami maka guru melakukan pendekatan secara individual. Ketiga, Dalam mengimplementasikan penanaman nilai-nilai pada siswa guru mengintegrasikan kedalam materi pembelajaran dengan memberi pengetahuan, motivasi dan membiasakan dalam menerapkan nilai-nilai tersebut. Keempat, Evaluasi penanaman nilai-nilai pada siswa adalah mengadakan refleksi dan pengamatan perilaku siswa. Kelima, Faktor-faktor yang menjadi kendala adalah keterbatasan kemampuan anak dan guru terlebih bila siswa tuna rungu memiliki disabilitas ganda yaitu IQ nya rendah. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pembelajaran berulang-ulang penuh kesabaran dan memberikan hadiah atau hukuman.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Susrianti, SusriantiUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Dedi, SyarialUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Nilai-Nilai, Siswa Tuna Rungu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:17
Last Modified: 13 Mar 2023 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item