Bintara, Alzairi Hendrik and Nasution, Aida Rahmi and Meldina, Tika (2022) ANALISIS KONTEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM BUKU SISWA KELAS V TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA KURIKULUM 2013. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
ANALISIS KONTEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM BUKU SISWA KELAS V TEMA 9.pdf Download (5MB) |
Abstract
Salah satu keterampilan yang harus ditekankan terhadap siswa dalam menghadapi abad 21 yakni keterampilan berpikir kritis. Keterampilan ini dikenal dengan istilah Higher Order Thinking Skills (HOTS). Secara umum Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah keterampilan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif dan kreatif. Kritis untuk memahami fakta, logis menyimpulkan berdasarkan logika dan pembuktian, reflektif sebagai keterampilan mempertimbangkan, metakognisi sebagai keterampilan mengaitkan serta berpikir kreatif. Maka penelitian ini dilakukan untuk : 1) Mengidentifikasi konten HOTS dalalm buku siswa kelas V tema 9. 2) Menganalisis konten HOTS dalam buku siswa kelas V tema 9 Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif yang bersifat deskriptif jenis analisis konten. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi. Instrumen penelitiannya ialah lembar analisis HOTS serta teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dibagi dalam tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan. Ketiga alur tersebut adalah reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Dari proses identifikasi diperoleh hasil 70 Konten pada buku siswa terlihat sudah memuat Higher Order Thinking Skills (HOTS). 2) Dari proses menganalisis diperoleh hasil analisis pada setiap indikator keterampilan berpikir adalah terdapat 25 konten HOTS menganalisis, 20 konten HOTS mengevaluasi, 25 konten HOTS mengkreasi/ mencipta. Total 70 konten bermuatan HOTS yang terlihat dalam buku tematik siswa kelas V tema 9, dalam presentasenya yakni 46%. Kata kunci: HOTS, Buku Siswa, Analisis Konten, Identifikasi, Menganalisis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2023 01:27 | ||||||||
Last Modified: | 09 Feb 2023 01:27 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2381 |
Actions (login required)
View Item |